Home Lintas Jateng Capai Ruang Terbuka Hijau, Pemkot Bakal Bangun 80 Titik Taman dan Hutan...

Capai Ruang Terbuka Hijau, Pemkot Bakal Bangun 80 Titik Taman dan Hutan Kota

780
Ita Ajak Masyarakat Memanfaatkan Lahan dengan Menanam Tanaman Bernilai Ekonomis

Semarang, 15/11 (BeritaJateng.net) – Capaian Ruang terbuka hijau dikota Semarang masih jauh dari ketentuan yakni 20 persen dari 30 persen yang seharusnya terpenuhi. Oleh karena itu pemkot semarang akan terus berupaya memanfaatkan lahan kosong untuk menjadi taman maupun hutan kota dalam di tahun 2017.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu saat melaunching hutan kota di Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan seluas 1000 m2.

Hutan kota tersebut merupakan fasilitas umum milik developer PT. Perumnas yang dibantu tanaman dari Dinas Pertanian Kota Semarang. Lahan tersebut diberi tanaman dan pohon peneduh serta area jogging track dan wahana permainan anak. “Sehingga diharapkan sebagai ruang terbuka hijau hutan kota tlogosari kulon itu dapat menjadi alternative warga sekitar untuk menjadi tempat wisata keluarga,” jelas Ita.

Selain itu dalam sambutannya, Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk dapat menjaga kawasan tersebut dari sampah dan PKL liar, karena jika sudah banyak PKL Liar akan mengganggu estetika idealnya sebuah Hutan Kota yang diperuntukan bagi kepentingan public.

“Karena kalau nanti ada satu PKL maka akan jadi banyak, sehingga nanti bukan hutan kota tapi hutan PKL. Hutan kota itu bisa bermanfaat bagi masyarakat bagi warga Tlogosari Kulon umumnya bagi masyarakat. Kalau bagus kan justru akan ramai dikunjungi masyarakat umum,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ita sapaan akrab wakil walikota Semarang ini menjelaskan rencananya di tahun 2017 akan ada 80 Hutan Kota yang tersebar di beberapa titik.

“Program ini untuk mendukung ruang terbuka hijau yang idealnya 30 persen namun saat ini hanya 20 persen,” terang Ita. (Bj)

Advertisements