Home Kesehatan Cantik Tanpa Make up?? Begini Caranya

Cantik Tanpa Make up?? Begini Caranya

Salah satu model Semarang Rizka Laily (foto: Stevekusuma)

JAKARTA, 19/4 (BeritaJateng.net) – Para wanita tentunya sudah akrab dengan berbagai macam produk kecantikan dan kosmetik. Banyak dari mereka menghabiskan uang untuk kosmetik demi mempercantikan diri.

Namun trik tampil cantik sebenarnya dimulai dari semua yang alamiah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap tampil cantik tanpa makeup.

1. Keajaiban Air

Air sangat diperlukan untuk tubuh Anda. Tak hanya membersihkan kulit secara natural dan organ-organ tubuh, air juga diperlukan untuk membersihkan segala macam racun dalam tubuh.

Jangan lupa untuk secara rutin meminum air dan pastikan asupan air Anda setiap harinya mencukupi. Lakukan hal itu dan lihat sendiri perubahannya pada kulit Anda.

2. Biarkan Kulit Bernafas

Menggunakan riasan wajah tebal setiap hari bisa membuat kulit Anda sulit bernapas dengan bebas. Sama seperti pentingnya udara bagi paru-paru Anda, kulit pun juga perlu bernapas.

Cobalah untuk kurangi kebiasaan Anda memakai makeup tebal. Biasakan memakai makeup minimalis untuk kegiatan sehari-hari, sementara makeup tebal bisa Anda aplikasikan di acara-acara tertentu.

3. Bibir Sehat

Anda tentunya tak akan terlihat cantik jika memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah. Rawatlah kesehatan bibir Anda dengan rutin menggunakan pelembap bibir atau lip balm.

Pilih lip balm dengan kandungan shea butter atau pelembap natural lainnya. Anda juga bisa memilih lip balm dengan kandungan SPF yang bisa melindungi bibir Anda dari paparan sinar UV.

4. Selalu Bersihkan Wajah

Hindari penggunaan sabun yang keras saat Anda mencuci wajah, dan batasi pencucian wajah setiap harinya. Frekuensi yang ideal adalah dua kali sehari, yaitu saat pagi dan saat malam hari usai beraktivitas.

Terlalu sering mencuci wajah justru bisa mengikis minyak alami pada wajah, yang akhirnya bisa membuat wajah terlihat kusam dan kering.

Pilihlah sabun pencuci wajah lembut yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Hindari sering bergonta-ganti sabun pencuci wajah, jika Anda sudah menemukan yang cocok.

5. Rawat Gigi

Salah satu hal pertama yang diperhatikan seseorang saat melihat wajah Anda adalah ketika Anda berbicara dan tersenyum. Tentunya, gigi Anda pun harus jadi perhatian.

Gigi yang tidak bersih, tentu akan membuat keseluruhan penampilan Anda jadi terlihat tidak menarik. Jaga kebersihan gigi dengan rutin menggosoknya dan gunakan pula dental floss untuk membersihkan sisi-sisi gigi.

6. Jaga Kelembapan Kulit

Lakukan eksfoliasi atau proses pengangkatan sel kulit mati pada wajah dengan menggunakan scrub secara rutin, yaitu setiap seminggu sekali.

Dengan melakukan hal ini secara rutin, kulit Anda pun akan terlihat lebih segar dan lembut. Jangan lupa untuk mengakhiri proses eksfoliasi dengan mengaplikasikan moisturizer agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

7. Tidur Cukup

Tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari sangat dibutuhkan bagi tubuh Anda. Tak hanya membuat tubuh Anda lebih bertenaga, tidur cukup juga bermanfaat bagi kecantikan kulit Anda.

Selain itu, tidur cukup juga bisa menjauhkan diri Anda dari stres. (Bj05)