Cabang Olah Raga Panjat Tebing Digelar Perdana Dalam POPNAS

Cabang olah raga panjat tebing dalam POPNAS XIV digelar di stadion Manahan Solo
               SOLO, 13/9 (BeritaJateng.net) – Olah raga panjat tebing untuk pertama kalinya digelar dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV  yang digelar di Jawa Tengah pada 10-21 September 2017. Dan Stadion Manahan Solo ditunjuk menjadi lokasi pertandingan yang digelar pada
                  Menurut Kepala Bidang Kompetisi PP FPTI Rudy Fitrianto, alasan dipilihnya kota Solo sebagai lokasi pertandingan karena venue panjat tebing di Manahan Solo dianggap paling  siap.Technical meeting sudah dilaksanakan kemarin, Selasa (12/9/2017) dan dilanjutkan dengan practice untuk nomor speed.
                    “Karena paling siap, maka lokasi pertandingan kita adakan di kota Solo,” tutur Rudi saat ditemui di arena Stadion Manahan, Rabu (13/9/2017).
                   Ada delapan nomor yang dipertandingkan dalam event perdana Popnas di Jawa Tengah, yakni, men boulder, women boulder, men lead, women lead, men speed world record, women speed world record, men speed classic & women speed classic.
                   “Jumlah atlet yang bertanding sebanyak 101 orang dari 22 Propinsi di Indonesia,” lanjutnya.
                Selain itu Rudi juga sampaikan sudah banyak atlet panjat tebing nasional yang menjadi juara dunia seperti Aspar Jaelolo dan Sabri. Bahkan ada satu atlet wanita Agung Etty  Herawati juara pertama dalam Speed Climbing Kejuaraan Dunia ESPN X Dan Fransisco, AS pada tahun 2000 lalu.
                     Dalam waktu dekat, PP FPTI akan kirimkan atlitnya ke Teheran, Iran dalam kejuaraan dunia panjat tebing. Saingan terberat yang dirasakan atlet Indonesia berasal dari Jepang dan China dalam kategori Speed.
                   “Kita optimis karena atlit kita yang masuk Pelatnas mampu penuhi target juara,” tutur Rudi. (Db/El)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN