Home Headline Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas

Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas

108
0
Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas
               Semarang, 13/9 (BeritaJateng.net) – Bus pariwisata pembawa rombongan peziarah asal Negara Malaysia mengalami kecelakaan beruntun dengan melibatkan dua sepeda motor dan satu mobil inova, di jalan Sultan Agung, Semarang, Rabu (13/9) pagi.
                Akibat kejadian tersebut dua pengendara sepeda motor tewas dilokasi, yakni pengendara Honda Beat atas nama David Widi (33) warga kompleks Akpol, dan pengendara Yamaha Vixion atas nama Eko Susilo (34) warga Lempongsari, Semarang.
                  Peristiwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 07.45 WIB. Saat itu bus Prima Santosa bernomor polisi N 7735 UT yang dikemudikan Muhammad Supar warga Pasuruhan Jawa Timur yang memuat peziarah asal Malaysia, keluar dari hotel Noormans, ingin melanjutkan perjalanan ke Pekalongan. Saat melintas di turunan jalan Sultan Agung laju bus, tidak terkendali hingga menabrak tiga kendaraan dua sepeda motor dan sebuah mobil innova yang melaju dari arah berlawanan yang sedang melintas.
Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas
Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas

“Habis menginap, mau ke pekalongan, tapi saat keluar dari hotel bus diturunan laju bus tidak terkendali, saya langsung loncat keluar,” ungkap Kernet bus Soni Prasongko (34) warga Pasuruhan, Jawa Timur yang hanya mengalami luka lecet di siku tangan.

                      Sopir bus sempat berusaha menghindari kecelakaan yang lebih fatal dengan mengambil jalur kanan setelah mengetahui lampu traffic light di jalan Sultan Agung pertigaan jalan semeru tepat di depan Sekolah Don Bosco diposisi merah. Bus kemudian  menghantam dua sepeda motor Honda Beat dan sepeda motor Yamaha Vixion.
                 Honda Beat berplat nomor H 3601 AWG sempat terseret bus, bus juga menabrak mobil inova. Bus baru berhenti setelah masuk ke parit.
                      “Dari atas laju bus kencang, sebelum menabrak dua motor dan satu mobil dari arah berlawanan, bus sempat menyenggol sepeda motor hingga pengendara sempat terjatuh, dan berteriak bus mengalami rem blong,” ungkap Budiarti warga sekitar pada saat kejadian mengantarkan suaminya berangkat kerja.
Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas
Bus Wisatawan Asal Malaysia Tabrak 3 Kendaraan, 2 Tewas

Petugas dari unit kecelakaan satuan lalu-lintas Polrestabes Semarang  dan jasa raharja yang datang ke lokasi langsung melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan sejumlah saksi, tak terkecuali sopir bus dan beberapa penumpang serta warga. Polisi menduga adanya human error atau rem blong yang mengakibatkan kecelakaan maut tersebut.

                    “Untuk penyebab sementara kelalaian pengemudi, namun kita masih koordinasi dengan saksi ahli untuk pengecekan kelayakan  bus. Yang menentukan penyebab kecelakaan apakah rem blong nanti biar saksi ahli yang menentukan. Untuk sopir untuk sementara kita amankan untuk dimintai keterangan,” tutur  Kanit Laka Lantas Polrestabes Semarang AKP Sugito.
                    Kasus kecelakaan karambol ini masih terus didalami Satuan Lalu-lintas Polrestabes Semarang. Akibat kecelakaan ini,  arus lalu-lintas di jalan sultan agung sempat tersendat meski tidak sampai mengalami kemacetan panjang. (Nh/El)