Home Lintas Jateng Bus Semarjawi Akan Dikandangkan?

Bus Semarjawi Akan Dikandangkan?

801

image

Semarang, 4/6 (BeritaJateng.net) – Bustram Semarjawi (Semarang Jalan-jalan Wisata) atau bus pariwisata bertingkat milik PT Telekomunikasi Selular yang telah beroperasi sejak 28 Oktober 2014 lalu, ternyata belum memiliki izin operasi.

“Bus tingkat Semarjawi memang belum ada surat izin operasionalnya, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang tidak mengeluarkan izin laik jalan karena belum ada izin transport, uji KIR,” ungkap Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, R. Agus Harmunanto saat di hubungi BeritaJateng.net, Kamis (4/6).

Menurutnya, bus Semarjawi telah beberapa kali mendapat peringatan dari Satlantas, namun masih nekat beroperasi.

“Dari Dishubkominfo jelas tidak dapat mengandangkan karena ini kewenangan Satlantas, yang jelas kami tidak memberikan izin Laik jalan karena tidak mempunyai izin type, uji karoseri dan KIR sehingga kami tidak berani mengeluarkan izin,” terangnya.

Agus tidak berani menerangkan apakah bus tersebut membahayakan penumpang atau tidak. “Kan kalau belum ada izin operasi harusnya tidak boleh jalan. Kalau membahayakan penumpang atau tidak saya ndak bisa menerangkan, yang jelas itu tidak ada surat-suratnya,” katanya.

Seperti yang di ketahui, Bustram Semarjawi merupakan bus wisata bertingkat persembahan PT. Telekomunikasi Selular yang kesehariannya di kelola oleh Lembaga Sosial Masyarakat ERTIM Indonesia.

Bus dua tingkat yang memiliki panjang 7,2 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 3,7 meter ini mampu menampung penumpang dari 25 hingga 40 orang. Setiap penumpang yang ingin menaikinya harus merogoh kocek Rp. 10.000 perorang pada jam kerja ( usia diatas 12 tahun), pada akhir pekan Rp.15.000 perorang, untuk anak-anak (usia 0-12 tahun) Rp. 5.000.(BJ05)