Home Ekbis Bupati Sukoharjo Mediasi Warga Dan PT RUM Terkait Limbah

Bupati Sukoharjo Mediasi Warga Dan PT RUM Terkait Limbah

440
0
Pertemuan warga dan PT RUM Di Fasilitasi Pemkab Sukoharjo
         SUKOHARJO, 9/1 (BeritaJateng.net) –  Mediasi yang digelar manajemen  PT Rayon Utama Makmur (RUM) dengan ratusan warga terdampak yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Selasa (9/1/2018) sedikit memanas.

         Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya sebagai fasilitator sampaikan dirinya ikut hadir dalam pertemuan sebagai penengah.

         “Jika terbukti limbahnya mengandung racun berbahaya akan ditutup. Namun harus melalui proses dan prosedur berupa kajian dari para ahli dibidangnya,” tutur Wardoyo, Selasa (9/1/2018).
          Pemerintah Daerah, lanjut Wardoyo tidak tinggal diam, sudah ada tim yang dibentuk untuk memantau dan menginvestigasi permasalahan bau limbah yang dikeluhkan oleh masyarakat.
          “Pemerintah sudah membentuk tim untuk menguji sample (limbah air juga udara), saat ini tinggal menunggu hasilnya saja. Kepada masyarakat agar tidak memperkeruh permasalahan yang akhirnya akan merugikan semua pihak. Jangan “nggege mongso” (mendahului hal yang belum jelas),” lanjut Wardoyo.
           Sementara itu Presiden Direktur PT RUM, Pramono, mengatakan pihaknya terbuka membuka diri kepada warga masyarakat terdampak untuk mengetahui sejauh mana upaya pabrik dalam mengatasi bau limbah.
          “Saat ini proses penyempurnaan pembuangan limbah sudah ada kemajuan dan masih terus berlangsung (perbaikannya). Kita juga tegaskan pabrik ini tidak memproduksi bahan yang mudah terbakar (flammable gas). Hanya memproduksi rayon (kapas) saja. Karena kami undang perwakilan warga untuk melihat langsung disana. Kami siap bekerja sama ,” pungkas  Pramono. (db/El)