Home News Update Bupati Sleman Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Bupati Sleman Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

hujan-dan-petir

Sleman, 17/2 (BeritaJateng.net) – Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi pada pergantian musim ini.

“Bupati mengimbau dalam menghadapi musim hujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi perlu diwaspadai masyarakat adalah banjir dan genangan luapan drainase kota serta tanah longsor, terutama di wilayah Kecamatan Prambanan,” kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Sri Winarti di Sleman, Selasa.

Dia mengatakan selama puncak musim hujan telah terjadi tanah longsor di Desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan.

“Selain itu cuaca ekstrem juga rawan menyebabkan terjadinya puting beliung,” katanya.

Ia mengatakan bupati juga mengingatkan masyarakat agar memangkas pohon-pohon yang sekiranya membahayakan serta meningkatkan kesiapsiagaan.

“Tingkatkan koordinasi, sinergi, jaringan informasi, dan komunikasi, dengan demikian semua dapat memaksimalkan diri membangun mitigasi bencana yang semakin baik, serta meminimalisir kerugian dan jatuhnya korban,” katanya.

Sri Winarti mengatakan selain itu pada puncak musim hujan ini masyarakat diharapkan melakukan antisipasi merebaknya kembali DBD.

“Merebaknya kasus DBD harus menjadi perhatian masyarakat. Diperlukan dukungan dan kerja sama berbagai pihak dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk DBD,” katanya.

Kerja sama tersebut, kata dia, juga telah dilakukan dalam Bhakti Sosial Polri Peduli Polda DIY yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan masyarakat Dusun Temanggal, Desa Purwomartani, Kalasan dalam bentuk pengasapan dan pemberantasan sarang nyamuk beberapa waktu lalu. (ant/BJ)