Home Headline Bupati Kebumen Tersandung Korupsi, Mendagri Segera Putuskan Pengangkatan Yazid Mahfudz

Bupati Kebumen Tersandung Korupsi, Mendagri Segera Putuskan Pengangkatan Yazid Mahfudz

976
0
Bupati Non Aktif Kebumen Divonis 4 Tahun Penjara
         Semarang, 23/10 (BeritaJateng.net) – Kementerian Dalam Negeri akan segera menetapkan Wakil Bupati Yazid Mahfudz bisa segera dilantik  menjadi Bupati Definitif, setelah putusan Pengadulan Tipikor Semarang memvonis Bupati Nonaktif Yahya Fuad dalam kasus dugaan suap.
       Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo masih menunggu kepastian hukum Bupati Kebumen Yahya Fuad, untuk mengangkat  wakilnya, Yazid Mahfudz
        “Kalau tidak ada yang ajukan banding atau kasasi ya pejabat bupati definitif yaitu wakilnya segera definitifkan,” ungkap Mendagri Tjahjo Kumolo saat di Semarang Selasa (23/10).
        Ia menyebut proses penetapan bupati definitif tidak akan membutuhkan waktu lama. “Waktu sih dua hari selesai, kita tunggu keputusan tingkat pertama,” ujarnya.
         Untuk diketahui, Yahya terbukti bersalah dalam kasus suap Rp 12 miliar. Selain vonis 4 tahun penjara ia juga dikenakan denda Rp 300 juta, subsidair 4 bulan penjara serta dicabut hak pilihnya selama 3 tahun terhitung setelah selesai menjalani masa hukuman.
       Hakim menyatakan terdakwa terbukti menerima suap yang totalnya mencapai Rp12,03 miliar. Uang suap yang berasal dari fee sejumlah proyek tersebut dikumpulkan oleh sejumlah orang kepercayaan terdakwa yang kemudian digunakan untuk sejumlah keperluan. Atas putusan itu, Yahya Fuad menyatakan menerima. (Nh/El)