Home Ekbis Bulog Selesaikan Operasi Khusus Beras Cadangan

Bulog Selesaikan Operasi Khusus Beras Cadangan

311
0

bulog

Yogyakarta, 8/1 (BeritaJateng.net) – Badan Urusan Logistik Divisi Regional Yogyakarta menyelesaikan operasi pasar khusus cadangan beras pemerintah di Kota Yogyakarta dengan mendistribusikan beras sesuai jumlah rumah tangga sasaran penerima raskin melalui masing-masing kelurahan.

“Pelaksanaan operasi pasar khusus di Kota Yogyakarta dilakukan selama empat hari terhitung sejak 5 Januari hingga hari ini,” kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Yogyakarta Langgeng Wisnu Adi Nugroho di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, sasaran dari operasi pasar khusus beras cadangan pemerintah itu adalah warga penerima raskin dengan tujuan meringankan beban warga membeli beras karena harga yang masih cukup tinggi di pasaran.

Di Kota Yogyakarta, jumlah penerima raskin tercatat sebanyak 16.031 rumah tangga sasaran penerima manfaat. Seperti penerimaan raskin, jumlah beras yang diterima pun sama yaitu 15 kilogram per penerima dengan harga Rp1.600 per kilogram.

“Beras yang didistribusikan dalam operasi pasar kali ini adalah beras jenis medium,” katanya.

Sedianya, operasi pasar khusus tersebut dilakukan pada akhir Desember 2014, namun baru bisa direalisaikan awal Januari. “Surat dari pusat datang menjelang akhir tahun sehingga kami tidak bisa langsung merealisasikannya karena waktunya sudah mepet,” katanya.

Selain di Kota Yogyakarta, program operasi pasar khusus tersebut juga dilakukan di seluruh kabupaten di DIY. Total beras yang didistribusikan dalam operasi pasar tersebut mencapai 4.325 ton.

Sedangkan kepastian distribusi raskin pada 2015, Langgeng belum dapat memastikannya karena belum memperoleh keputusan atau perintah dari pemerintah pusat.

Meskipun demikian, ia memastikan bahwa Bulog Yogyakarta siap jika sewaktu-waktu diminta mendistribusikan raskin karena saat ini masih memiliki stok sekitar 9.000 ton.

“Stok yang ada itu cukup untuk tiga bulan. Sewaktu-waktu ada perintah distribusi, kami siap,” katanya yang tetap optimistis program raskin akan diteruskan.

Sementara itu, Lurah Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta Krisna Irianto mengatakan, sudah mendistribusikan beras melalui program operasi pasar khusus tersebut kepada warga yang berhak menerima.

“Hari ini dilakukan di pendopo kelurahan. Sebelumnya, kami sudah kirim surat kepada warga yang tercatat sebagai penerima untuk mengambil beras dengan harga murah di kelurahan,” katanya.

Di Sorosutan tercatat sebanyak 499 penerima raskin dan ia berharap, operasi pasar khusus tersebut dapat membantu warga untuk memenuhi kebutuhan pangan. (ant/BJ)