Home Ekbis Budiyanto Inginkan Banyak Kader di BPR BKK kuasai MR 3

Budiyanto Inginkan Banyak Kader di BPR BKK kuasai MR 3

570
0
Kepala Biro Perekonomian Pemprov Jateng Budiyanto EP (kiri) Bersama Sekretaris Forum Pegawai BPR BKK Drajat Aditya

SEMARANG, 21/11 (Beritajateng.net) – Kepala Biro Perekonomian Pemprov Jawa Tengah Budiyanto EP menginginkan karyawan karyawan BPR BKK di Jawa Tengah banyak yang menguasai Manajemen Resiko (MR) sampai dengan level 3. Hal ini dimaksudkan untuk kaderisasi bagi para direksi yang pada saatnya nanti harus pensiun dari jabatannya.

“Tantangan ke depan di dunia perbankan sangat berat. Penguasaan manajamen resiko sangat dibutuhkan. Kami butuh kader bersifikat MR yang banyak,” ungkapnya usai membuka Pelatihan Manajemen Resiko level 2, di Hotel Rinjani View Semarang, Rabu (21/11).

Budiyanto menjelaskan, pelatihan ini diadakan menjawab tuntutan regulasi sebagaimana tertuang dalam Perda No 4 Tahun 2017 dimana dalam salah satu pasalnya mensyaratkan bagi direksi dan Dewan Pengawas BPR BKK harus mengantongi sertifikat MR 3.

“Saat ini hampir semua direksi sudah mengantongi sertifikat MR 3. pelapis pelapisnya ini juga harus menguasai MR 3. ini sebagai persiapan nanti kalau para direksi ini pensiun,” jelasnya.

Lebih lanjut Budiyanto mengatakan, amanat lain dari Perda 4/2017 adalah dalam waktu dekat ini akan dilakukan konsolidasi (semacam merger) antara 33 BPR BKK se Jawa Tengah menjadi satu BPR BKK Jateng. Diharapkan BPR BKK Jateng ini bisa menjadi bank yang besar dan kuat menyusul Bank Jateng yang sudah lebih dulu berdiri.

“Untuk menjadi bank yang besar dan kuat tentu harus diimbangi dengan kwalitas pegawai yang tinggi. Pelatihan ini menuju kesana,” bebernya.

Pelatihan MR2 yang diadakan oleh Forum Pegawai BPR BKK Jateng tersebut diikuti oleh 14 orang peserta yang terdiri dari para pimpinan cabang BPR BKK se Jawa Tengah dan akan berlangsung sampai dengan tanggal 24 November mendatang. Sampai saat ini Forum sudah berhasil meluluskan 393 orang Pimpinan Cabang lulus MR 1, 170 orang pimpinan Cabang lulus MR 2 dan 84 orang direksi lulus MR 3.

(NK)