Home Hukum dan Kriminal Budi Waseso : Penyidik Viktor Tanggung Jawab Saya

Budi Waseso : Penyidik Viktor Tanggung Jawab Saya

Budi Waseso
Budi Waseso
Budi Waseso

Jakarta, 25/2 (BeritaJateng.net) – Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso menegaskan keterlibatan Kombes Victor Simanjuntak dalam penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Bambang Widjojanto merupakan tanggung jawabnya.

“Saya tanggung jawab bila itu (Victor) dilaporkan ke Divpropam,” kata Waseso di Jakarta, Rabu.

Waseso menjelaskan bahwa keberadaan Victor dalam tim penyidik kasus BW adalah sah karena didasarkan atas surat keputusan. “Legal dong. Kan ada skep penyidiknya, ada surat perintah penyidiknya,” ujarnya.

Sebelumnya Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) meminta Kadivpropam Polri Irjen Pol Syafruddin agar memanggil Kombes Victor untuk diperiksa karena bekerja tidak sesuai dengan tupoksinya.

Pasalnya, dalam surat perintah penangkapan BW tidak tercantum nama Victor.

“Kehadiran Kombes Victor yang bukan merupakan penyidik dalam perkara BW tidak dapat dibenarkan secara hukum dan harus diperiksa lebih lanjut motif keikutsertaannya,” kata perwakilan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Arif Nur Fikri.

Victor saat ini merupakan perwira menengah di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol). (ant/BJ)

Advertisements