Home Ekbis BRT Trans Semarang Koridor VII Siap Beroperasi

BRT Trans Semarang Koridor VII Siap Beroperasi

1294
0
Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengecek kondisi BRT Semarang.

Semarang, 14/2 (BeritaJateng.net) – Badan Layanan Umum (BLU) Transsemarang tengah menyiapkan pengoperasian koridor baru, yakni Koridor VII yang akan melintasi Lapak Sementara Pasar Johar.

“Sesuai dengan arahan Pak Wali (Wali Kota Semarang, red.) agar ada transportasi umum yang masuk ke relokasi Pasar Johar,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BLU Transsemarang Ade Bhakti di Semarang, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 15 unit Bus Rapid Transit (BRT) Transsemarang akan melayani koridor baru itu sudah siap, termasuk pengurusan surat-surat atau administrasi juga sudah rampung.

Armada, kata dia, juga sudah menjalani uji kir sehingga tinggal menunggu proses lelang yang ditargetkan pada pertengahan Maret 2018 sudah bisa ditentukan pemenang tendernya.

“Sesuai dengan rencana, `launching` akan dilakukan pada tanggal 1 April 2018. Bahkan, kalau bisa `launching`, kami siapkan relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang,” katanya.

Ia menjelaskan koridor baru itu memiliki rute mulai Terminal Terboyo, Kaligawe, Jalan Wontermonginsidi, Jalan Arteri Soekarno Hatta, kemudian masuk ke dalam relokasi Pasar Johar.

Bus melanjutkan rute menuju Jalan Pattimura, Bubakan, Kota Lama, Jalan Pemuda, Tugu Muda, Jalan Imam Bonjol, dan kembali melalui rute semula menuju Terminal Terboyo.

“Koridor VII Transsemarang memiliki jarak tempuh sekitar 41,6 kilometer dan `pool`-nya hanya satu, di Terminal Terboyo Semarang. `Shelter` semuanya menggunakan tipe portabel A,” katanya.

Nantinya, kata dia, akan dibuatkan “shelter” secara permanen setelah dilakukan evaluasi secara bertahap, terutama di halte-halte yang jumlah penumpang yang naik-turun banyak.

“Untuk titik `shelter`, kami akan tempatkan di sebanyak 38 titik. Ya, sementara memang masih `shelter` portabel, tetapi tipe A. Artinya, kapasitasnya besar,” katanya.

Dengan pengoperasian Koridor VII Trans Semarang, kata dia, akses transportasi menuju Lapak Sementara Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang lebih lancar seiring berjalannya aktivitas perekonomian. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here