Home Ekbis BRT Semarang Koridor 5 dan 6 Bakal Dioperasikan Akhir Februari

BRT Semarang Koridor 5 dan 6 Bakal Dioperasikan Akhir Februari

712
0
Walikota Semarang mencoba menaiki bus BRT Semarang

Semarang, 12/1 (BeritaJateng.net) – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor 5 dan 6 ditargetkan dapat beroperasi pada akhir Februari 2017. Hal ini disampaikan Walikota Semarang Hendrar Prihadi usai melaunching 25 BRT untuk peremajaan koridor I di jalan Pemuda, Kamis (12/1).

“Kan baru selesai OPD (penataan Organisasi Perangkat Daerah,Red.). Jadi staff baru mulai penataan. Target saya, kalau semua staff sudah terdistribusi dengan baik, kemudian baru satu pekan membicarakan program pelaksanaan. Harapannya akhir Februari sudah bisa dilaunching (bus koridor 5&6,Red.),” ujar Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Menurut Hendi, Pemkot Semarang pada tahun 2016 menerima bantuan bus pemerintah pusat dan provinsi yang meliputi bantuan 25 bus besar dan 25 bus medium dari pemerintah pusat, serta bantuan dari pemerintah provinsi 8 armada bus besar dan 7 bus medium, dengan total seluruhnya 65 unit bus. “Tapi karena ada miskomunikasi dipenganggaran pembiayaan dokumen administrasi surat jalan makanya ditunda,” katanya.

Ditempat yang sama, Tri Wibowo Plt Dinas Perhubungan Kota Semarang mengatakan jika peluncuran BRT harus sesuai tahapan prosedur. “Sebenarnya bus sudah siap, termasuk pengurusan surat-surat jalan tapi kan ada tahapan prosedurnya,” katanya.

Menurut Tri, untuk koridor 5 yang meliputi Mateseh-Puri Anjasmoro dan koridor 6yang meliputi kawasan yang menghubungkan Undip ke kawasan Unnes masing-masing akan dioperasikan 14 armada bus. “Totalnya yang dipakai untuk koridor 5 sejumlah 14 armada bus dan koridor 6 sebanyak 14 bus serta 1 bus untuk cadangan. (EL)