Home Ekbis BPS : Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok Akan Naik

BPS : Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok Akan Naik

IMG_20150526_091407

Semarang, 30/5 (BeritaJateng.net) – Sudah menjadi kebiasaan jika memasuki bulan suci Ramadhan akan terjadi kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat. Hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistis (BPS) Jateng Jam Jam Zamachsyari.

“Kenaikan harga diprediksi akan terjadi di awal bulan Ramadhan, namun pada di pertengahan bulan harga kembali turun dan stabil,” ungkapnya.

Tetapi, lanjutnya, gejolak kenaikan harga akan terjadi lagi ketika menjelang Lebaran. “Biasanya, harga-harga kebutuhan pokok yang naik turun adalah daging dan juga bumbu-bumbuan,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memastikan jika stok pangan di Jawa Tengah masih aman. “Kalaupun sedikit terjadi kelangkaan, karena terjadi fluktuasi harga,” ungkapnya.

Ganjar Pranowo mengimbau kepada masyarakat di Jawa Tengah, untuk tidak berbelanja secara berlebihan ketika memasuki atau selama bulan Ramadhan. Sehingga baik stok maupun tingkat harga kebutuhan pokok tetap terjaga kestabilannya. (Bj23)

Advertisements