Home Headline BPOM Semarang Gencar Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan Ilegal

BPOM Semarang Gencar Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan Ilegal

643
BPOM Semarang Gencar Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan Ilegal

Semarang, 3/7 (BeritaJateng.net) – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Semarang berhasil mengungkap kasus peredaran kosmetik ilegal dalam operasi yang dilakukan diwilayah Jawa Tengah. Dari hasil operasi, BPOM Semarang berhasil mengungkap dua lokasi pendistribusian kosmetil illegal mengandung bahan berbahaya, yakni di Semarang dan Magelang.

“Hasil operasi mulai April – Juni 2019, BBPOM di Semarang telah mengungkap setidaknya dua perkara pidana distribusi kosmetik ilegal di Jawa Tengah, yaitu di Magelang dan Semarang,” ujar Kepala Badan POM RI Penny Lukito saat menggelar pengungkapan kasus peredaran kosmetik ilegal di wilayah Jawa Tengah di kantor Balai Besar POM di Semarang, Kamis (4/7).

Di Magelang, penindakan dilakukan di sebuah gudang  biasa digunakan sebagai tempat ekspedisi di Rejowinangun Utara (Selasa, 30/4/ 2019). Dari penyelidikan didapatkan 137 jenis kosmetik tanpa izin edar, 1 jenis obat tradisional ilegal, dan 1 jenis obat ilegal. Semuanya memiliki nilai keekonomian sekitar Rp. 1,04 miliar.

Untuk di Semarang, ditemukan gudang penyimpanan kosmetik ilegal (Selasa 18/6). Terdapat 24 jenis kosmetik ilegal dan satu jenis salep obat ilegal senilai Rp1,3 miliar.

Ada ciri-ciri produk kosmetik yang perlu diwaspadai dan bisa mengandung zat berbahaya.

BPOM Semarang Gencar Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan Ilegal

Produk kosmetik ilegal yang ditemukan, didominasi produk perawatan kulit sebagai pencerah atau pemutih.

Selain itu, produk kosmetik ilegal lainnya ditemukan juga kandungan bahan berbahaya seperti merkuri, asam retinoat, dan hidrokuinon, bila digunakan dapat menyebabkan kanker, kelainan pada janin, dan iritasi kulit.

“Modus operandi yang dilakukan tersangka adalah mengedarkan obat tradisional, kosmetik dan obat ilegal secara online menggunakan akun media sosial yang dibuat pelaku, mengedarkan barang menggunakan jasa ekspedisi, dan menyimpan barang di gudang yang tersembunyi,” ujarnya.

Guna menekan peredaran obat dan makanan illegal BPOM akan memerkuat pengawasan di lapangan terhadap peredaran obat dan makanan ilegal di masyarakat. Bpom juga berkoordinasi dengan lintas sektoral di dalam bidang penegakan hukum,  guna mengantisipasi perkembangan modus operandi kejahatan di bidang obat dan makanan. (Nh/El)