Home Headline BPOM Musnahkan Obat Tradisional Ilegal Senilai Rp. 1,75 Miliar

BPOM Musnahkan Obat Tradisional Ilegal Senilai Rp. 1,75 Miliar

236
0
BPOM Musnahkan Obat Tradisional Ilegal Senilai Rp. 1,75 Miliar
      Semarang, 13/4 (BeritaJateng.net) –  Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang, Jawa Tengah, memusnahkan barang bukti pangan, obat tradisional dan obat tanpa izin edar senilai Rp 1,754 miliar pada Jumat (13/4)
       Ribuan kemasan obat ilegal terdiri dari 80 jenis obat dan pangan,  dimusnahkan di Kantor Bpom di Jalan Sukun Raya, Banyumanik, Kota Semarang
      Barang bukti yang terdiri dari 21 jenis obat tradisional ilegal, 58 jenis kemasan obat tradisional, dan satu jenis obat ilegal  dengan nilai mencapai 1 koma 75 miliar rupiah ini, dimusnahkan dengan cara dibakar menggunakan alat incenerator bersuhu tinggi.
      Kepala Balai BPOM Semarang, Endang Pudjiwati menjelaskan pemusnahan barang bukti ini merupakan hasil ungkap kasus pelanggaran pangan dan obat, antara kurun waktu 2017 hingga 2018. Petugas pun telah menetapkan lima orang tersangka,  yang saat ini diserahkan ke pihak Kepolisian.
BPOM Musnahkan Obat Tradisional Ilegal Senilai Rp. 1,75 Miliar

“Barang bukti yang diamankan dari lima kasus sepanjang 2017-2018.Lima tersangka akan segera kami limpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah,” ujarnya di kantor BPOM Semarang.

       Lima kasus antara lain satu kasus pangan ilegal (tersangka S dari Pati), tiga kasus Obat tradisionak ilegal (Tersangka I dari Cilacap, S dan PH dari Banyumas). Terakhir, satu kasus obat ilegal (H dari Semarang).
       Pemusnahan dilakukan secara simbolis dengan menggunakan Incenirator atau alat pembakar sampah dengan suhu tinggi. Sisanya akan dimusnahkan di Cileungsi. “Mayoritas kasus jamu, sepanjang 2017 ada 18 kasus,” tambahnya. (Nh/El)
BPOM Musnahkan Obat Tradisional Ilegal Senilai Rp. 1,75 Miliar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here