Home News Update BPJS Ketenagakerjaan Tunggu PP Pensiun

BPJS Ketenagakerjaan Tunggu PP Pensiun

image

Semarang, 31/3 (Beritajateng.net) -Operasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara penuh akan dilakukan pada 1 Juli mendatang. Namun hingga saat ini BPJS Ketenagakerjaan masih menunggu turunnya peraturan pemerintah (PP) tentang pensiun.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY Cotta Sembiring mengatakan jika peraturan pemerintah tentang pensiun belum turun, maka akan sulit menerapkan empat program dari BPJS Ketenagakerjaan. Sebab itu pihaknya terus melakukan pendekatan kepada lembaga-lembaga terkait, baik pemerintah maupun nonpemerintah untuk bisa segera menjalankan empat program dari BPJS Ketenagakerjaan.

Keempat program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan jaminan pensiun, serta jaminan kematian. Diketahui saat ini ada 4,9 juta jiwa atau 80,55 persen pekerja formal di Jateng-DIY yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sedang untuk tenaga informal ada 12,8 juta pekerja. Di antaranya pedagang bakso dan tukang ojek yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.(BJ23)

Advertisements