Home Lintas Jateng BPJS Ketenagakerjaan Bidik 400 Ribu PNS di Jateng

BPJS Ketenagakerjaan Bidik 400 Ribu PNS di Jateng

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Semarang, 18/12 (Beritajateng.net) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan membidik kepesertaan dari pegawai negeri sipil (PNS) di 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah. Kepesertaan ini dapat memberikan perlindungan serta melengkapi kesejahteraan PNS.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng-DIY Edy Syahrial mengatakan, kepesertaan PNS dalam BPJS ketenagakerjaan sesuai UU no.24 tahun 2011 tentang BPJS. Aturan itu menyebutkan seluruh pegawai PNS,TNI dan Polri diwajibkan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan paling lambat 1 juli 2015 mendatang.

“Di Jateng sendiri ada sedikitnya 400 ribu PNS, dan yang baru bergabung itu Pemkab Blora. Diharapkan 1 juli 2015 semua PNS sudah terdaftar,”ungkapnya Kamis (18/12)

Menurut Edy, iuran premi BPJS ketenagakerjaan nantinya akan ditanggung oleh pemerintah sebesar 0,54 persen dari total gaji plus tunjangan pegawai. Pihaknya akan melakukan sistem jemput bola untuk mempercepat pendaftaran kepesertaan bagi PNS.

“Iuran nanti berbeda – beda untuk kematian sebesar 0,3 persen kemudian untuk kecelakaan kerja 0,24 persen. Jadi totalnya 0,54 persen dikalikan gaji plus tunjangan,”ungkapnya

Sementara itu Ilyas Lubis, Kepala Divisi Perluasan Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan mengatakan, kepesertaan PNS di BPJS ketenagakerjaan akan melengkapi kesejahteraan mereka. Pasalnya selama ini PNS hanya mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan melalui Askes yang telah berubah menjadi BPJS kesehatan.

“Selama ini belum ada perlindungan kecelakaan kerja bagi PNS, TNI dan polri. Ini akan menambah perlindungan dan melengkapi kesejahteraan mereka,”ungkapnya. (VR/pj)

Advertisements