Home Ekbis BPJS Kesehatan Diminta Gencar Sosialisasikan JKN

BPJS Kesehatan Diminta Gencar Sosialisasikan JKN

bpjs_kesehatan

Palangka Raya, 31/1 (BeritaJateng.net) – Jajaran anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, meminta pihak BPJS Kesehatan lebih gencar menyosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ada di wilayah itu.

“Sebagian besar masyarakat Palangka Raya ada yang masih belum tahu apa itu Program JKN. Hal itu membuktikan selama ini pihak BPJS Kesehatan kurang melakukan sosialisasi ke masyarakat,” kata anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Budi Susilo, di Palangka Raya, Sabtu.

Menurut Politisi PDIP itu, kurangnya sosialisasi tentang Program JKN khususnya di “Kota Cantik” Palangka Raya bisa saja berdampak kurangnya pengetahuan masyarakat setempat, baik itu tentang program pemerintah terkait JKN, pendaftaran peserta, hingga lainnya.

“Penilaian saya masih banyak warga Palangka Raya, khsusnya di daerah pinggiran kota yang belum tahu apa itu BPJS Kesehatan hingga program JKN. Berarti sebagian besar masyarakat setempat belum menjadi peserta,” tandasnya.

Budi Susilo meminta pihak BPJS dan pemerintah kota mencari solusi terbaik, agar masyarakat yang tidak mengetahui dan belum terdaftar di BPJS Kesehatan bisa menjadi peserta.

Dia juga berharap, BPJS Kesehatan jangan tinggal diam dalam menyosialisasikan Program JKN kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya, baik dalam kota maupun sampai ke padalaman desa.

Agar program pemerintah tersebut bisa benar-benar dirasakan masyarakat setempat yang betul-betul kurang mampu apabila ingin berobat di rumah sakit, puskesmas dan sebagainya.

Sosialisasi Program JKN yang merupakan amanah undang-undang menjadi perhatian khusus, dan prioritas dalam upaya memberi informasi, dan pemahaman kepada masyarakat mengenai jaminan kesehatan.

“Saya berharap pihak BPJS Kesehatan bisa lebih gencar lagi dalam menyosialisasikan program jaminan kesehatan nasional di daerah tersebut. Jangan sampai masyarakat setempat masih ada yang tidak tahu apa itu program JKN,” ucap Budi Susilo.

Dia menilai, pihak BPJS Kesehatan dalam menyosialisasikan program JKN kepada masyarakat harus tetap dilakukan secara berkesinambungan. Jangan sampai berhenti. Sebab masih ada warga Palangka Raya yang belum tahu atau menikmati program tersebut. (ant/BJ)