Home Headline BPBD : Waspada Bencana Puting Beliung

BPBD : Waspada Bencana Puting Beliung

479
0
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Sukabumi, 25/1 (BeritaJateng.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat awal tahun hingga dua bulan ke depan diprakirakan potensi bencana angin puting beliung cukup tinggi.

“Saat ini sudah mulai masuk musim pancaroba dan cuaca pun kurang menentu seperti awalnya cerah tiba-tiba hujan deras yang berpotensi terjadinya bencana angin puting beliung,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada Antara di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, seperti Rabu, (21/1) sekitar pukul 17.30 WIB terjadi angin kencang di Kampung Cimunding, Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah yang mengakibatkan sebanyak lima bangunan rumah dan satu bangunan sekolah rusak dan bantuan pun sudah disalurkan dalam bentuk bantuan darurat.

Lebih lanjut, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sukabumi rawan bencana puting beliung namun yang paling rawan di wilayah selatan Sukabumi karena daerahnya yang merupakan hamparan luas. Namun, tidak menutup kemungkinan bencana juga terjadi di wilayah utara, maka dari itu pihaknya mengimbau kepada warga untuk selalu waspada.

“Cuaca saat ini tidak menentu kadang cerah, kadang hujan deras disertai angin. Yang paling berpotensi terjadinya bencana ini adalah saat cuaca cerah tiba-tiba hujan deras, karena pascahujan biasa kami mendapat laporan terjadinya bencana puting beliung,” tambahnya.

Sebelumnya, puting beliung menyebabkan lima rumah dan empat bangunan sekolah mulik SD Islam Yastaba Jampang Tengah dua ruangan mengalami kerusakan paling parah pada bagian atap dan tiang penyangga genteng banyak yang patah.

“Akibat bencana ini pelajar dalam proses kegiatan belajar mengajarkan dialihkan ke mushala untuk kelas 1-3 dan 4-6 kebagian pada sift sore,” kata Kepala SD Islam Yastaba Jampang Tengah, Ujang Tajudin. (Ant/BJ)