Home Lintas Jateng BPBD : Masyarakat Waspadai Puting Beliung

BPBD : Masyarakat Waspadai Puting Beliung

(ilustrasi)

Temanggung, 14/11 (BeritaJateng.Net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jateng, mengimbau masyarakat di wilayah itu untuk mewaspadai puting beliung yang bisa terjadi pada masa pancaroba ini.

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Temanggung Eko Suprapto, Jumat (14/11) mengatakan berdasarkan pemetaan yang dilakukan hampir semua kecamatan di Temanggung rawan terhadap bencana puting beliung saat peralihan musim.

“Memasuki pancaroba atau pergantian musim dari kemarau ke hujan berpotensi memunculkan angin kencang dan puting beliung,” katanya.

Ia menuturkan bencana angin ribut telah terjadi pada Selasa (11/11) sore di Desa Nguwet, Kecamatan Kranggan. Sedikitnya tiga bangunan warung hancur akibat hembusan angin kencang tersebut.

Ia mengimbau masyarakat agar melakukan pengecekan terhadap kondisi pohon di sekitar tempat tinggal, pohon yang sudah lapuk sebaiknya ditebang supaya tidak membahayakan ketika terjadi angin kencang.

“Sebaiknya juga jangan memarkir kendaraan di bawah pohon agar terhindar dari bahaya puting beliung,” katanya.

Sebelumnya, katanya peta rawan bencana puting beliung hanya di tujuh kecamatan, yakni Parakan, Temanggung, Gemawang, Kledung, Kaloran, Kandangan, dan Bansari. Namun, akibat terpengaruh iklim global peta rawan bencana angin ribut meluas ke 20 kecamatan sejak tahun 2013. (ant/pri)

Advertisements