Home Lintas Jateng BPBD Kota Semarang Siap Salurkan 100 Tangki Air Bersih

BPBD Kota Semarang Siap Salurkan 100 Tangki Air Bersih

Kekeringan

Semarang, 3/8 (BeritaJateng.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang berupaya menanggulangi bencana kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Kota Semarang seperti di Rowosari Kecamatan Tembalang, Deliksari Kecamatan Gunung Pati dan wilayah lainnya.

“Sejak Februari, kami sudah siap siaga dalam mengatasi kekeringan. Sebagai langkah konkret selama musim kemarau 2015 ini, kami melalui PDAM mendistribusikan 100 tangki air bersih dengan kapasitas 5000 Liter/tangki sejumlah daerah yang mengalami kekeringan,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Semarang Bambang Rudi di Balaikota Semarang, Senin (3/8).

Menurutnya, langkah tersebut sebagai wujud kesiapsiagaan mengatasi bencana kekeringan ini. “Proses pendistribusian air dilakukan berdasarkan pengajuan dari masyarakat melalui kelurahan atau kecamatan. Namun bisa juga dropping air itu memang untuk wilayah yang menjadi langganan kesulitan air bersih saat kemarau tiba,” terang Bambang.

Bambang Rudi menambahkan, memasuki awal musim kemarau ini, BPBD sudah menyalurkan bantuan air bersih kurang lebih 25 tangki ke beberapa wilayah yang terkena dampak kekeringan antara lain Rowosari, Sukorejo, Gedawang, Sadeng dan Deliksari.

“Daerah-daerah tersebut kekeringan jika kemarau. Mudah-mudahan bisa mengatasi paling tidak warga tidak kesulitan lagi cari air bersih. Untuk daerah lain yang mengalami hal yang sama, bisa mengajukan permintaan bantuan,” tambahnya.

Terkait jika ada permintaan lebih dari 100 tangki bantuan air bersih, ia mengungkapkan akan tetap ada bantuan tambahan air bersih untuk daerah yang masih mengalami kekeringan.  (Bj05)