Home Headline BPBD Kota Semarang Laksanakan Uji Lapang dan Perencanaan Kontinjensi Penanggulangan Bencana

BPBD Kota Semarang Laksanakan Uji Lapang dan Perencanaan Kontinjensi Penanggulangan Bencana

148
0

Semarang, 16,10 (Beritajateng.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, hari ini ( 16,10), melaksanakan Workshop Penyusunan Rencana Kontijensi dan Uji Lapang, terkait struktur serta program penangulangan bencana. Tidak itu saja, dalam acara ini juga akan dibahas bagaimana nantinya pergerakan para petugas atau sukarelawan tanggap bencana harus bergerak dalam menghadapi bencana.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan, BPBD Kota Semarang, Kabul Yonata, dalam pelaksanaan worshop ini, akan dibahas bebagai hal dalam hal menghadapi bencana. Disini akan disusun siapa akan melakukan apa. Misalnya, instansi pemerintahan nantinya akan melakukan apa, Basarnas harus melakukan apa, bahkan sampai komunitas komunitas sukarelawan tanggap bencana juga akan mendapat tugas masing- masing. sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih saat pelaksanaan penanggulangan bencana nantinya. Pekerjaan akan lebih terarah dan efisien.”Kalau sudah terencana dan sudah paham apa tugas masing – masing organisasi atau instansi, maka pelaksanaan penanggulangan bencana akan lebih terarah dan efisen,” ungkap Kabul Yonata saat ditemui di sela – sela acara workshop itu (16/10).
Jika sudah tersusun dengan rapi, maka nantinya akan lebih memudahkan organisasi atau instansi pemerintah, bahkan komunitas sukarelawan tanggap bencana untuk saling koordinasi satu sama lain. (BJ/NG)