Home Lintas Jateng BPBD Kendal Dirikan Posko Peduli Banjarnegara

BPBD Kendal Dirikan Posko Peduli Banjarnegara

Posko peduli Banjarnegara yang didirikan BPBD Kabupaten Kendal di Alun-alun Kendal. (BJ/DK)

Kendal, 17/12 (Beritajateng.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal mendirikan posko bantuan untuk bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara. Posko didirikan di Alun alun Kendal mulai Rabu (17/12). Pendiriannya dilakukan untuk menggalang dana dari warga yang kemudian akan disalurkan pada korban tanah longsor.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kendal, Slamet, menjelaskan pendirian posko tersebut di buka hingga masa tanggap darurat bencana longsor di Banjarnegara dinyatakan selesai.

“Posko ini sengaja didirikan untuk membantu para korban bencana longsor. Terutama korban selamat yang kini berada di pengungsian. Kami akan selalu siap 24 jam menerima bantuan dari warga yang akan disalurkan untuk para korban,” tuturnya.

Slamet melanjutkan, bantuan dari warga yang diterima posko bisa dalam bentuk logistik berupa sembako, pakaian dan selimut atau dapat pula berupa uang. Namun ia lebih berharap dalam bentuk uang agar lebih mudah dalam pendistribusiannya.

“Jika bantuan nantinya sudah mencukupi untuk dikirimkan maka akan segera didistribusikan. Bahkan jika pengiriman tidak bisa dilakukan sekali, maka akan dilaksanakan dalam beberapa tahap,” ujar Slamet saat membantu pendirian posko.

Sementara itu mengenai rencana pengiriman relawan, Slamet mengatakan pihaknya siap mengirimkan tenaga relawan untuk melakukan aksi kemanusiaan di Banjarnegara. Namun, untuk sementara pihaknya akan berkonsentrasi terlebih dahulu pada pendirian posko bantuan.

”Apabila sangat dibutuhkan kami akan segera mengirimkan relawan ke Banjarnegara setidaknya satu atau dua hari kedepan. Untuk hari ini kami masih berkonsentrasi pada pendirian posko,” pungkasnya. (DK/pj)

Advertisements