Home Lintas Jateng BPBD Jepara Galang Kerjasama Dengan Relawan

BPBD Jepara Galang Kerjasama Dengan Relawan

Kepala BPBD Jepara tandatangani kerjasama dengan relawan.

Kepala BPBD Jepara tandatangani kerjasama dengan relawan.
Kepala BPBD Jepara tandatangani kerjasama dengan relawan.

 
Jepara, 26/2 (Beritajateng.net) –Termasuk sebagai daerah rawan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, menggalang kerjasama dengan enam kelompok relawan.

Enam kelompok relawan yang terlibat kerjasama adalah, Kwartir cabang gerakan Pramuka, SAR, PMI, ORARI, Jepara Rescue, serta Gerakan Pemuda Anshor Jepara.

Kepala BPBD Jepara, Lulus Suprayitno menyatakan, penggalangan kerjasama dengan relawan ini dimaksudkan untuk membantu dalam mengatasi penanggulangan bencana.

Sebagai unsur pelaksana pemerintah daerah yang memiliki tugas dibidang penanggulangan bencana, BPBD Jepara tidak mungkin bisa kerja sendiri tanpa bantuan relawan.

“Penanggulan bencana adalah tugas bersama, untuk itu kita jalin kerjasama dengan relawan sehingga lebih mudah dalam mengatasi,” kata Lulus.

Lebih lanjut Lulus menjelaskan, dari data indek rawan bencana tahun 2011, Jepara menempati urutan ke-6 ditingkat provinsi, dan urutan ke-21 di tingkat Nasional.  

Sejak awal tahun 2015 berbagai peristiwa bencana terjadi, diantaranya banjir, tanah longsor, kebakaran, angin puting beliung, kekeringan, juga kecelakaan laut.

“Menempati urutan ke-6 dari indek rawan bencana, bisa dibilang Jepara cukup rawan bencana. Kita butuh relawan untuk kerja dilapangan, sehingga mempermudah dalam menangani bencana,” jelas Lulus.

Dalam menjalin kerjasama tersebut, BPBD Jepara dan Koordinator masing-masing relawan menandatangi kesepakatan tugas dan peran dalam menanggulangi bencana. (BJ18)