Home Lintas Jateng BPBD Jateng Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir dan Longsor Klaten 

BPBD Jateng Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir dan Longsor Klaten 

banjir

KLATEN, 5/4 (BeritaJateng.net) – Tanggul jebul dan longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah Kabupaten Klaten Jawa Tengah beberapa hari terakhir Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah turun langsung meninjau lokasi. 

Kepala  BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana melakukan tinjauan langsung ke lokasi terdampak banjir dan tanah longsor akibat meluapnya sungai Dengkeng di Klaten Jawa Tengah, Sabtu dan Minggu (4-5 April 2015). 

Sarwa Pramana mengungkapkan BPBD Jateng telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait seperti Balai Besar Bengawan Solo untuk menyelamatkan sungai Dengkeng yang kondisinya sangat parah dan memprihatinkan. 

Bahkan pihak BPBD sendiri juga mendesak agar kementrian Pekerjaan Umum (PU) agar segera turun tangan atasi permasalahan sungai Dengkeng. 

Kepala BPBD Jawa Tengah mengunjungi, tanggul sungai Dengkeng di desa Kebon, Bayat Klaten diamana ratusan meter tanah warga ikut habis terkikis arus sungai Dengkeng. 

“Tanggul sungai Dengkeng kondisinya sudah sangat kritis. Kita akan segera menemui Pak Ganjar untuk ambil langkah darurat juga bekerja sama dengan Kementrian PU. Targetnya tahun ini harus segera ada normalisasi dan tanggul permanen di tanggul kritis,” jelas Sarwana di Klaten Jawa Tengah.

Rombongan BPBD Propinsi Jawa Tengah juga meninjau lokasi rumah warga yang hampir roboh di desa Wiro, Bayat. Bahkan pihak BPBD langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah agar segera merelokasi pemilik rumah yang hampir roboh tersebut. 

Lokasi lain yang juga dikunjungi rombongan BPBD Jateng yaitu tanah longsor di desa Krakitan dan tanggul kritis di kecamatan Cawas, Klaten yang mulai dipasang sak dan juga bronjong sebagai antisipasi adanya longsor susulan. (BJ24)

Advertisements