Home Ekbis Borobudur Travel Mart and Expo (BTMX) 2015 Targetkan Transaksi Rp. 5 miliar

Borobudur Travel Mart and Expo (BTMX) 2015 Targetkan Transaksi Rp. 5 miliar

P_20150904_144951

Semarang, 5/9 (BeritaJateng.net) – Penyelenggaraan ajang Borobudur Travel Mart and Expo (BTMX) 2015 ditargetkan mampu mencatat nilai transaksi mencapai Rp. 5 miliar, atau naik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pada tahun lalu, penyelenggaraan BTMX berhasil mencetak nilai transaksi sebesar Rp3,5 miliar. Tahun ini, kami target Rp5 miliar,” kata Ketua Panitia BTMX 2015 Sugeng Sugiantoro di Semarang, Jumat.

Menurut dia, BTMX merupakan sebuah ajang yang berkonsep “business to business” dengan menawarkan berbagai potensi yang ada di Jawa Tengah kepada para “buyers”, baik dari dalam maupun luar negeri.

Rencananya, kata dia, BTMX 2015 bakal berlangsung pada 16-19 Oktober mendatang di Hotel Aston Semarang diikuti ratusan pelaku usaha pariwisata, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Ajang BTMX, kata dia, merupakan even “travel mart” terlengkap yang ada di Jateng hasil kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Badan Pengembangan Pariwisata Daerah (BBPD) Jateng.

Ia menyebutkan setidaknya ada sekitar 100 orang “buyers” yang akan diundang pada BTMX 2015, dan 50 “buyers” di antaranya berasal dari luar negeri, seperti Hongkong, Singapura, Thailand, dan Eropa.

“Untuk ‘buyers’ yang berasal dari dalam negeri, antara lain dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Semua yang kami undang adalah ‘buyers’ potensial,” katanya.

Dari kalangan “sellers”, ia mengharapkan sebanyak 120 “sellers” yang dihadirkan bisa lebih agresif untuk menjual potensi yang ada di Jateng, termasuk berbagai produk-produk unggulan yang dihasilkan.

Borobudur Travel Mart merupakan kegiatan yang mempertemukan pelaku usaha wisata dengan para pembeli, kata dia, sehingga dipastikan akan memberikan dampak ekonomi yang relatif cukup tinggi.

Kepala Disbudpar Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan ajang BTMX merupakan even tahunan yang digagas untuk mempromosikan potensi yang ada di Jateng dengan mempertemukan pelaku usaha wisata dan pembeli.

“Tahun ini, kami kembali menggelar BTMX. Kami mengharapkan para ‘buyers’, utamanya agen-agen travel dari dalam dan luar negeri tertarik untuk mempromosikan pariwisata Jateng,” katanya.

Sementara itu, Executive Assistant Manager Hotel Aston Semarang Yuni J. Maricha mengaku pihaknya merasa bangga dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan BTMX 2015 yang berskala internasional.

“Kami bangga dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan BTMX 2015. Kami mengharapkan berbagai potensi wisata yang ada di Jateng bisa semakin diangkat melalui even ini,” katanya. (Bj)