Home Lintas Jateng Bonceng Motor Warga, Ganjar Tinjau Pos Cemoro Kandang

Bonceng Motor Warga, Ganjar Tinjau Pos Cemoro Kandang

613

Ganjar Pranowo

Karanganyar, 31/10 (BeritaJateng.net) – Bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Gubernur Jawa Tengah Deklarasikan Gerakan Hijau Mencintai Hutan dengan di dukung oleh berbagai elaman mula dari masyarakat sekitar, BPBD JATENG dan BPBD Kabupaten se Eks Karesidenan Surakarta, juga para relawan.

Pasca terbakarnya hutan guung Lawu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memantau langsung jalur pendakian gunung Lawu di Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah. Sebelumnya Ganjar melakukan giat bersih-bersih gunung Lawu dan menanam pohon bersama dengan warga Tawangmangu.

Setelah acara beralangsung dengan membonceng sepeda motor milik warga setempat Ganjar dan juga Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwana Pramana naik ke Cemoro Kandang untuk memantau kondisi di gerbang pendakian yang di tutup. Sebelumnya Ganjar sempat berhenti di jalan tembus Tawangmangu-Magetan yang rawan terjadi longsor.

“Karena pintu masuk jalur pendakian banyak ya harus ditulisi di larang mendaki. Bener ini mesti tutup. Kalau membahayakan ya tidak boleh,” jelasnya di Cemoro Kandang, Sabtu (31/10/2015).

Ganjar juga menyampaikan meski Jawa Tengah tidak terdampak kabut asap bersama dengan tujuh Propinsi lain, namun hampir semua gunungnya hutannya terbakar. Pasca terbakar, Lawu yang masuk Jawa Tengah, semua jalur pendakian sudah ditutup baik yang resmi maupun jalur tikus. Namun meski sudah ada pemberitahuan penutupan jalur tetap saja harus di lakuakan pemantauan baik oleh Perhutani sebagai salah satu pemilik kawasan juga para relawan agar terus lakukan sosialisasi sementara ini pendakian di tutup.

“Peristiwa kemarin (terbakar hingga jatuh korban pendaki) bisa menjadi pembelajaran bagi semuanya agar lebih berhati-hati menjaga lingkungan saat melakukan pendakian,” pesan Ganjar. (BJ24)

Advertisements