Home Headline Bom Bunuh Diri Dirakit RA Sejak 2018 Hasil Minta Uang Ibunya

Bom Bunuh Diri Dirakit RA Sejak 2018 Hasil Minta Uang Ibunya

429
Ledakan Pospam Kartosura, Pelaku Dibawa Ke RS Bhayangkara Semarang

Semarang, 5/6 (BeritaJateng.net) – RA pemuda 22 tahun yang melakukan aksi bom bunuh diri di Pospam Kartasura Kabupaten Sukoharjo pada Senin (3/6/2019) malam. Dalam melancarkan aksinya telah mengumpulkan dana untuk merakit bom sejak 2018.

Diketahui dari penyidikan investigasi Densus 88 Polri jika RA mendapat dana untuk merakit bom dari meminta uang harian ibunya.

“Pendanaan dia minta uang sama ibunya, hanya dengan ibunya, beli peralatan bom dia cicil sejak 2018,” kata Kapolda Jateng Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel, saat dikonfirmasi Rabu (5/6).

Dari uang itu RA mulai membeli komponen bom seperti peralatan elektronik dan membeli bahan-bahan kimia untuk mencampur menjadi black powder.

“Kalau kemarin casingnya dengan menggunakan pakai panci, kalau panci kan gak beli ada di rumah. Dan menggunakan pemicu ledakannya manual,” katanya.

Diketahui pula ledakan pada malam itu berjenis bom low explosive, karena menggunakan material black powder. Sasaran dia adalah polisi bukan masyarakat, atas perintah imamnya Al Baghdadi.

“Material black powder, itu teknis pokoknya tidak bisa kami ungkap detail. Nanti malah saya ngajarin pada mau beli nanti,” seloroh Kapolda.

Kekinian, Kapolda menyatakan jika RA masih dalam pemeriksaan oleh Polda Jateng. Dan dimungkinkan sudah tidak berada RS Bhayangkara Semarang.

“Sejak kondisi awal di bawa ke Semarang sudah bisa diperiksa kok. Kemungkinan hari ini sudah tidak di RS Bhayangkara,” katanya.

Dari peristiwa itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat para orang tau, guru, tokoh masyarakat, ustad, kyai, Ketua RT, camat, untuk mengingatkan pada anak-anak terkait bahaya radikalisme.

“Karena kalau sudah di doktrin kekerasan bukan hanya polisi yang dimusuhi, juga orangtuanya, ibu yang melahirkannya dijadikan kafir sama dia. Karena yang diajari hanya ayat-ayat tentang kekerasan untuk bunuh diri. Yang diajari kok bunuh diri katanya ketemu bidadari, gak tau matinya malah sama densus,” tukasnya. (El)