Home Headline Bobol ATM Bermodalkan Las dan Linggis

Bobol ATM Bermodalkan Las dan Linggis

1778
Para pelaku spesialis pembobol ATM lintas Kota yang diringkus Resmob Polrestabes Semarang.

Semarang, 31/3 (BeritaJateng.net) – Para pelaku pembobol ATM yang berhasil diringkus aparat Polrestabes Semarang diketahui menggunakan alat berupa las untuk membongkar mesin ATM. Alhasil, uang puluhan juta yang berada di dalam mesin, berhasil digasak ludes oleh para pelaku.

“Brankas mesinnya dibelah lalu diambil uangnya. Terakhir beraksi di ATM yang berada di Jalan Setia Budi Semarang, saat itu pelaku mengambil uang sebanyak 84 Juta di ATM tersebut,” ujar Kombes Pol Burhanudin, selaku Kapolrestabes Semarang.

Pelaku juga menggunakan alat berupa linggis untuk membuka pintu ‘rolling dor’. Pasalnya mesin ATM yang dijadikan sasaran pelaku berada di dalam sebuah minimarket.

“Setelah pintu itu dibuka pelaku, lalu ditutupnya kembali, sehingga mereka dengan nyaman melakukan aksi tersebut saat berada di dalam minimarket tanpa dicurigai oleh siapapun,” terang Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Sugiharto.

Salah satu pelaku mengaku hanya perlu membutuhkan waktu 20 menit untuk membongkar mesin ATM. Sementara pelaku lain bernama Fajar (34) warga Mijen Semarang bertindak sebagai penunjuk jalan.

“Saya sebagai penunjuk jalan. Pekerjaan berdagang pakaian, tapi sudah pailit. Kenal mereka (para pelaku) saat di LP Purwokerto, karena kasus Jambret,” akunya kepada petugas, saat di Mapolrestabes Semarang, Kamis (31/3). (Bjt02)