Home News Update BNPB Intensifkan Monitoring Banjir Bekasi

BNPB Intensifkan Monitoring Banjir Bekasi

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Bekasi, 15/2 (BeritaJateng.net) – Badan Nasional Penaggulangan Bencana terus mengintensifkan kegiatan monitoring potensi banjir di Perumahan Pondokgede Permai Kota Bekasi, Jawa Barat, selama musim hujan berlangsung.

“Kami masih bersiaga di PGP sejak 10 Januari 2015 lalu untuk memantau situasi terkini lokasi rawan banjir di Kota Bekasi,” kata petugas BNPB, Prajurit satu Manik di posko PGP Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi, Minggu.

Posko terpadu di depan gerbang utama PGP itu didirikan untuk proses evakuasi korban saat banjir melanda.

“Kita kan evaluasi yang banjir tahun sebelumnya, makanya kita datang duluan ke lokasi. Jangan sampai air dari Bogor datang dan banjir, kita masih belum siap,” katanya.

Posko tersebut telah disiapkan sejumlah peralatan dan logistik bagi para korban banjir seperti makanan, obat-obatan, perahu karet, dan personel.

“Ada empat orang anggota yang akan membantu evakuasi barang-barang masyarakat jika terjadi banjir,” katanya.

Banjir di Perumahan Pondok Gede Permai selama ini disebabkan oleh meluapnya Kali Bekasi.

Kali Bekasi sebagai sungai terbesar di Kota Bekasi itu merupakan pertemuan Kali Cileungsi dan Kali Cikeas, Kabupaten Bogor.

Luapan itu terjadi akibat sedimentasi sungai dan ketinggian tanggul yang belum mampu menampung seluruh volume luapan air.

PGP berada di kawasan cekungan yang permukaan tanahnya lebih rendah dari Kali Bekasi sehingga kerap terjadi banjir setiap musim hujan tiba. (ant/BJ)