Home Hukum dan Kriminal BNNP Siap Kolaborasi Program dengan FWPJT

BNNP Siap Kolaborasi Program dengan FWPJT

Brigjen Drs. Amrin Remico saat memberikan pengarahan dalam audiensi dengan pengurus FWPJT dan Wartawan Unit Polda Jateng.

Semarang, 13/1 (BeritaJateng.net) – Dalam menjalankan kegiatan, baik dalam pemberantasan atau pencegahan narkoba, Badan Narkoba Nasional Provinsi (BNNP) Jateng mengakui sangat membutuhkan peran media sebagai sarana share atau publikasi kegiatan, apalagi pihaknya diwajibkan melaporkan mingguan setiap kegiatan yang telah dilaksanakannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BNNP Jateng Brigjen Drs. Amrin Remico, MM saat audiensi dengan pengurus Forum Wartawan Pemprov & DPRD Jateng dan Wartawan Unit Polda Jateng di ruang rapat BNNP Jateng.

“Dalam setiap kegiatan, kita butuh media karena sebagai sarana publikasi, bahkan diminta untuk melaporkan kegiatan mingguan. Maka dengan menggunakan media, bisa lebih cepat sampai ke pusat,” ujar Amrin, Rabu (13/1).

Lebih lanjut Amrin mengatakan, pada tahun 2015, kegiatan BNNP ada yang melibatkan wartawan ada yang tidak. Untuk itu pihaknya menyampaikan maaf sekaligus meminta pengertian rekan-rekan media.

“Dalam hal ini saya juga meminta pengertian rekan-rekan media apabila dalam razia khususnya tempat hiburan untuk tidak mengambil gambar secara close up, karena untuk menjaga privasi pengunjung. Kecuali yang kedapatan mengkonsumsi narkoba, silahkan,” tuturnya lagi.

Sementara itu tahun 2016, pihaknya menitikberatkan dalam bidang pencegahan dan penindakan, meski demikian pohaknya masih harus memperhatikan rehabilitasi.

“Hanya saja untuk rehabilitasi diperlukan modifikasi untuk mengantisipasi bandar-bandar nakal yang ingin menghindari jeratan hukum. Karena sesuai dengan edaran Mahkamah Agung, pelaku yang membawa narkoba dibawah satu gram harus rehabilitasi. Celah inilah yang dijadikan modus para bandar,” tambahnya.

Dalam pemberantasan, Amrin mengatakan akan koordinasi dengan Polda, Kodam, Pomal dan instansi terkait untuk melakukan operasi gabungan. Selain itu, pihaknya juga akan membentuk satgas-satgas, kerja sama dengan perbankan, minimarket dan tempat-tempat lain untuk sarana sosialisasi bahayanya narkoba.

“Untuk itu, kami BNNP menyambut baik kerjasama dengan wartawan, kami siap berkolaborasi sinergitas dengan wartawan khususnya FWPJT. Kami juga akan membentuk wartawan unit BNNP,” tambahnya.

Sementara itu, Damar Sinuko, Ketua FWPJT menyampaikan terima kasih atas waktu dan kesediaanya untuk menyambut audiensi dengan FWPJT dan wartawan unit Polda Jateng. Damar berharap hubungan yang sudah terjalin baik ini bisa lebih baik lagi.

“Jalinan yang baik ini diharapkan akan terus terwujud dan kami berharap kerja sama yang lebih baik lagi. Untuk mendukung program sosialisasi BNNP, kita berharap ada kerjasama khususnya dalam publikasi media, karena tahun 2016 ini dicanangkan Tahun Bebas Narkoba. Kami juga siap berkolaborasi dengan BNNP misal membuat program seminar, diskusi tentang narkoba dan lain-lain,” harap Damar. (BJ)