Home Headline BNNP Jateng Musnahkan Sabu Seberat 99,075 Gram

BNNP Jateng Musnahkan Sabu Seberat 99,075 Gram

BNNP

Semarang, 29/9 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 99,075 gram narkotika jenis sabu dimusnahkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, di kantornya Jalan Madukoro Semarang, Selasa (29/9) siang.

Jumlah yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti yang disita dari pengungakapan para pelaku tindak pidana narkotika yang akan diedarkan di sejumlah wilayah Kota Solo beberapa waktu lalu.

Selain itu, turut dihadirkan kedua pelaku, yakni inisial BA (28) warga Sudiroprajan, Kecamatan Jebres dan DS alias Tango (28) warga Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari. Keduanya merupakan warga Surakarta yang ditangkap petugas BNNP Jateng di depan Stasiun Balapan, Solo.

Sementara itu, AKP Ibnu, petugas Puslabfor dari BNNP Jateng memaparkan barang bukti yang dimusnahkan itu sebelumnya telah dilakukan uji keaslian dengan mengambil sebagian sample yang kemudian diberikan cairan marquis.

“Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui reaksi setelah diberi larutan tersebut. Setelah ditetesi cairan ini, apabila sabu yang mengandung zat amphetamine maka akan bereaksi dengan berwarna orange,” kata Ibnu.

Selanjutnya setelah dilakukan pengujian, sabu tersebut disisakan 5 gram sebagai barang bukti di pengadilan nanti. Sedangkan sisanya dilakukan pemusnahan dengan cara memasukkan sabu ke dalam ember berisi air, lalu diberikan bubuk detergen dan solar. Setelah itu, air yang sudah tercampur tersebut dibuang di closed. (bjt02)