Home Headline BNNP Jateng Musnahkan 180,375 Gram

BNNP Jateng Musnahkan 180,375 Gram

Semarang, 15/12 (BeritaJateng.net) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah telah memusnahan barang bukti sabu seberat 180,375 gram di kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro Semarang, Selasa (15/12).

Barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan hasil penangkapan terhadap seorang kurir narkoba dengan tersangka ES (34) saat berada di dalam bus jurusan Jakarta – Purwodadi, pada Minggu, 29 November 2015 lalu.

Proses pemusnahan diawali dengan memasukkan barang bukti ke dalam sebuah ember yang berisi air. Setelahnya, petugas kemudian mencampurkannya dengan sejenis cairan dan juga detergen agar sisa sabu tersebut tidak dapat dipergunakan lagi.

Sementara itu, Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Amrin Remico mengatakan, gelar ini sebagai tindak lanjut atas penangkapan terhadap tersangka ES.

“Ini bagian dari proses hukum dan penyidikan, jadi harus kita musnahkan. Kita sisihkan untuk proses peradilan,” kata Amrin.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria berinisial ES warga Kelurahan Tuban, Karanganyar Solo diamankan oleh petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah. Pasalnya, ES kedapatan membawa shabu seberat 189,9 gram saat berada di sebuah bus jurusan Jakarta – Purwodadi.

Diketahui, ia merupakan seorang kurir barang haram tersebut. Namun belum sempat diantarkan kepada pemesan, ES sudah ditangkap tim BNNP Jateng pada hari Minggu (29/11).

BNNP Jateng

Shabu itu diduga akan diedarkan di sejumlah wilayah yang ada di Solo Raya. Agar tidak mudah dicium oleh keberadaan petugas, tersangka sengaja menumpang bus yang rutenya tidak langsung ke Solo, melainkan terlebih dahulu melewati Purwodadi.

Amrin menjelaskan penangkapan ES berawal dari informasi yang diterima oleh pihaknya. Petugas kemudian menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan pada sebuah bus yang ditengarai ada si pelaku.

“Kami melakukan upaya paksa atau pencegatan dan penangkapan pada Bus umum GM dari Jakarta menuju ke Jawa Tengah. Lalu tim memperhentikan bus tersebut di terminal Mangkang. Seluruh penumpang kemudian diperiksa satu per satu,” terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, benar saja petugas akhirnya menemukan barang bukti berupa shabu yang dibuang di closed atau toilet bus. Untuk mengelabuhi petugas, shabu tersebut disimpan oleh ES di dalam bungkus plastik makanan.

“Dari pengakuan tersangka, ES ini baru sekali sebagai kurir narkoba. Namun demikian, kita masih terus dalami lagi dan diduga ada keterlibatan dengan jaringan yang ada di Nusakambambangan,” pungkasnya.(Bjt02)