Home News Update BNNP Jateng Berikan Penghargaan Kampus Anti Narkoba Untuk Udinus

BNNP Jateng Berikan Penghargaan Kampus Anti Narkoba Untuk Udinus

IMG_20150907_134536

Semarang, 7/9 (BeritaJateng.net) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng memberikan surat pengukuhan kepada Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bertepatan dengan dibukanya masa orientasi mahasiswa baru, Senin (7/9). Suratnya berisi Udinus sebagai Universitas pertama di Jawa Tengah yang dicanangkan sebagai lingkungan kampus anti narkoba.

Surat itu diberikan langsung oleh Kepala BNNP Jateng, Brigjen Amrin Remico kepada Rektor Udinus Dr. Ir. Edi Noer Sasongko dan disaksikan oleh seluruh mahasiswa baru Udinus di Kampus Udinus Jalan Imam Bonjol.

Dalam pembukaannya, Brigjen Amrin Remico menjadi pembicara yang memberikan materi tentang bahaya Narkoba di lingkungan kampus.

Brigjen Amrin mengatakan pemberian piagam anti narkoba tersebut melalui proses. “Kampus mengajukannya sudah sejak bulan Februari lalu, dan tim kami terus memonitoring berbagai program anti narkoba yang ada di kampus,” papar Brigjen Amrin, Senin (7/9) siang.

Brigjen Amrin juga menambahkan selama kurang lebih tujuh bulan, timnya telah memantau program, seperti tes urine acak dan mendadak namun rutin, pembentukan satgas anti narkoba yang beranggotakan karyawan, dosen hingga mahasiswa dan juga adanya jam malam dimana kampus harus steril dari mahasiswa mulai dari pukul 23.00 WIB.

“Program pencegahan seperti itu belum ada di kampus lain, saya harap juga bisa ditiru Universitas lainnya, jadi harus ada program yang berkesinambungan bukan hanya bersifat seremonial untuk pencegahan, setelah ini akan menyusul Unnes yang mencanangkan sebagai kampus Anti Narkoba,” ungkap Brigjen Amrin.

Pencanangan sertifikat kampus Anti Narkoba menurutnya bukanlah akhir. BNNP akan selalu mengevaluasi setiap tahunnya.

“Jika perkembangan bagus dan dari hasil tes urine acak memang tidak ditemukan penyalahgunaan narkoba, maka sertifikat akan ditingkatkan menjadi Kampus Bebas Narkoba,” tuturnya. (BJT01)