Home Nasional BMKG : Riau Berpeluang Hujan Ringan

BMKG : Riau Berpeluang Hujan Ringan

307
0

BMKG

Pekanbaru, 25/1 (BeritaJateng.net) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprakirakan beberapa wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau hari ini dan beberapa hari kedepan berpeluang terjadi hujan ringan.

“Pada umumnya Riau cerah berawan. Hanya ada beberapa wilayah yakni di Riau bagian tengah, selatan dan barat meliputi Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, sebagian Siak dan Rokan Hulu yang masih berpeluang hujan intensitas ringan,” kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto lewat sambungan telepon, Minggu.

Ia menjelaskan, peluang hujan ringan dan bersifat lokal di sejumlah wilayah itu terjadi pada waktu sore dan malam hari.

Menurut dia, ini merupakan prakiraan hujan kesekian kalinya dalam satu pekan Riau memasuki peralihan musim atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.

“Akhir Januari ini adalah pancaroba. Diwaktu seperti ini biasanya kondisi cuaca tidak menentu,” katanya.

Bibin mengatakan, sejauh ini masih banyak daerah kabupaten/kota di Riau yang minim terjadi hujan dan suhu udara berada di atas rata-rata.

Kondisi demikian menurut dia berpotensi menyebabkan kemunculan titik panas (hotspot) yang merupakan indikator peristiwa kebakaran hutan dan lahan penyebab polusi asap yang selama ini terjadi di Riau.

Bibin mengimbau agar seluruh pihak dapat mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan dengan tetap memantau kondisi dan perkembangan situasi yang lembaganya sampaikan.

“Kalau ada titik panas, kami juga melaporkannya ke sejumlah instansi pemerintah termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah di tiap-tiap kabupaten/kota yang ada,” katanya.

Menurut pantauan, pada siang pukul 10.40 WIB, cuaca di Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru terlihat mendung.

Sebelumnya daerah ini juga telah dilanda hujan ringan. (Ant/BJ)