Home Nasional BMKG Prediksi Hujan di Akhir Pekan

BMKG Prediksi Hujan di Akhir Pekan

wpid-bmkg.png

Surabaya, 17/1 (BeritaJateng.net) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya memprediksi sejumlah daerah di Jawa Timur akan diguyur hujan pada akhir pekan ini, Sabtu–Minggu (18/1).

Menurut Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya Rendy I., hujan yang mengguyur intensitasnya berkisar antara hujan ringan, sedang, dan lebat dengan kecepatan angin sekitar 5–40 kilometer per jam.

Khusus di Kota Surabaya, pada akhir pekan ini cuaca diprediksi hujan sedang dengan kecepatan angin mulai 5–35 kilometer per jam dari arah barat laut, katanya melalui siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Sabtu.

Cuaca yang sama dengan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu juga terjadi di Malang, Nganjuk, Jember, dan Blitar yang sama-sama diguyur hujan dengan intensitas sedang.

“Kecepatan angin di Nganjuk, Jember, dan Blitar sekitar 35 kilometer per jam, sedangkan Malang hingga mencapai 40 kilometer per jam,” katanya.

Khusus di Pasuruan dan Sumenep, lanjut dia, pada hari Sabtu diprediksi hujan dengan intensitas sedang, kemudian Minggu akan diguyur hujan lebat yang kecepatan anginnya 40 kilometer per jam.

“Di Pasuruan kecepatan anginnya hingga 35 kilometer per jam dengan kelembapan udara mencapai 70–98 persen,” katanya.

Selanjutnya, untuk daerah Madiun, Pacitan, Banyuwangi, dan Bawean, dalam dua hari ini diprediksi mengalami hujan dengan intensitas ringan dengan kecepatan angin maksimal mencapai 35–40 kilometer per jam.

“Empat daerah itu cuacanya tidak jauh beda akhir pekan ini, kecuali Banyuwangi yang Sabtu hujan ringan, kemudian Minggu hujan sedang,” katanya.

Sementara itu, untuk suhu udara di 11 daerah tersebut kisarannya minimal 18 derajat Celsius (Pasuruan) dan maksimal 34 derajat Celsius (Sumenep).

“Selama dua hari ini suhu udara tidak jauh beda antardaerah di Jatim,” katanya. (ant/BJ)