Home Nasional BMKG Imbau Transportasi Laut Kepri Hati-hati

BMKG Imbau Transportasi Laut Kepri Hati-hati

image
Ilustrasi

Batam, 11/1 (BeritaJateng.net) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam Kepulauan Riau mengimbau agar pengguna transportasi laut di wilayah Perairan Kepulauan Riau berhati-hati karena gelombang laut tinggi dan arus laut yang kuat pada Minggu.

“Untuk transportasi laut diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus kuat di Perairan Kepri, khususnya di wilayah Natuna dan Anambas,” kata Prakirawan BMKG Batam Sabila Rahmabudi.

Ia memprakirakan gelombang laut di Perairan Kepri mencapai 3,5 meter dengan kecepatan arus laut hingga 80 cm per detik sehingga relatif berbahaya.

Sedangkan untuk transportasi darat dan udara, menurut dia, masih kondusif.

Cuaca di Wilayah Kepri sendiri diprakirakan berawan dan berpeluang hujan ringan.

Adanya pusaran angin tertutup di Perairan Natuna memberikan dampak adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Kepri. Hal itu menyebabkan massa udara yang melewati Kepri mengalami perlambatan kecepatan sehingga berpotensi dalam pertumbuhan awan.

Namun kecepatan angin pada lapisan aas yang kencang, kurang mendukung dalam proses pertumbuhan awan hujan.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi hingga siang berawan dan malam berawan hujan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan satu sampai tiga meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 33 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembapan 69 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan satu sampai tiga meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 33 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 65 sampai 97 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan satu sampai dua meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi hingga siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah barat laut.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan 74 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan satu sampai tiga meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Natuna antara 23 sampai 29 derajat Celcius dengan kelembapan 80 sampai 98 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai empat meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 43 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 23 sampai 28 derajat Celcius dengan kelembapan 80 sampai 98 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan satu sampai 3,5 meter. (Ant/BJ)