Home Lintas Jateng Blangko e-KTP Kosong, Warga Gunakan Surat Keterangan

Blangko e-KTP Kosong, Warga Gunakan Surat Keterangan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 5/8 (BeritaJateng.net) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang Mardiyanto menyatakan keberadaan blangko e-KTP saat ini sedang kosong sehingga warga yang hendak memperpanjang masa berlaku KTP-nya, untuk sementara hanya mendapat Surat Keterangan.

Menurut Mardiyanto, Surat Keterangan tersebut dapat berfungsi dan diterima sebagai pengganti KTP elektronik.

“Tentu saja bisa, warga tidak perlu khawatir keabsahan surat Keterangan tersebut karena fungsinya menggantikan KTP atau seperti KTP sementara,” terangnya.

Ia menjelaskan, kebijakan ini dilakukan guna mendukung kelancaran pelayanan publik khususnya di Kota Semarang. Pasalnya, produksi blangko e-KTP secara nasional sedang mengalami kekosongan.

Dengan demikian, kondisi ini tidak hanya terjadi di Kota Semarang namun juga daerah lain. Ditambahkan, berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor  474.13/5184/Sj tanggal 13 Desember 2012 perihal Pelaksanaan Perekaman e-KTP secara Reguler, bahwa kegiatan penerbitan/pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kota Semarang yang dilaksanakan oleh Dispendukcapil Kota Semarang tergantung blangko KTP-el yang dikirim dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

“Dikarenakan blangko KTP-el pada saat ini sedang kosong/tidak ada, maka kepada penduduk yang mengajukan permohonan pembuatan/pencetakan KTP-el diberikan Surat Keterangan dan dilampiri Biodata penduduk sesuai surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor  474.13/5148/Sj tanggal 13 Desember 2012 yang berfungsi sebagai Kartu Tanda Penduduk Elektronik sampai dengan yang bersangkutan menerima KTP Elektronik,” jelas Mardiyanto. (Bj05)