Home News Update Bimtek, Upaya Peningkatan Karir dan Uji Kompetensi Guru Bahasa Jawa

Bimtek, Upaya Peningkatan Karir dan Uji Kompetensi Guru Bahasa Jawa

Semarang, 12/11 (BeritaJateng.net) – Kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) dalam rangka peningkatan profesi Guru Bahasa Jawa se-Jawa Tengah digelar di Ruang Multimedia SMPN 39 yang bertempat di Jalan Sompok Semarang, Kamis (12/11).

Diikuti sedikitnya 30 peserta yang terdiri dari guru SMP Negeri dan Swasta serta Guru MTs sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan. Ini merupakan bagian dari kegiatan bansos Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan 2015.

Dalam pelaksanaan Bimtek digunakan model in on in selama empat kali sesuai paket. Dilakukan setiap hari Kamis, yakni mulai 22 Oktober 2015, 29 Oktober 2015, 5 November 2015 dan 12 November 2015. Selebihnya peserta melakukan kegiatan on atau praktik di sekolah masing-masing.

Menurut Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kota Semarang, Tukijo., S.Pd tujuan daripada diadakannya Bimtek ini untuk meningkatkan karir guru.

“Terkait dengan kenaikan pangkat jabatan guru. Meningkatkan profesionalitas guru berkenaan dengan tugas pokoknya seperti penyusunan kerangka, media, dan menyusun evaluasi. Dari sinilah guru dilatih oleh narasumber-narasumber yang berkaitan dengan materi-materi keprofesionalitasan guru,” terangnya.

Sehubungan dengan materi-materi yang disampaikan, Tukijo juga menambahkan jika semuanya memiliki keterkaitan erat akan uji kompetensi guru (UKG). Yang mana kegiatan UKG bakal dilakasanakan pada tanggal 15 November 2015 mendatang.

“Jumlah pematerinya sendiri ada 8 orang, yang menyampaikan perihal persiapan UKG. Diantaranya ada dari Unnes tiga orang, dari MGMP satu orang, dari Disdik tiga orang dan ada dari pengawas MGMP satu orang,” jelas Tukijo.

Sebagai contoh, materi yang diberikan oleh narasumber Dosen FBS Unnes, Wagiran menyampaikan teknik penilaian hasil belajar Bahasa Jawa. Dari penilaian tersebut akan dievaluasi pembelajaran secara umum yang merupakan bagian dari kegiatan pengawasan pembelajaran.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 41 tahun 2007 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 65 tahun 2013, pengawasan pembelajaran meliputi kegiatan pemantauan, supervisi dan evaluasi. (BJT01)

1 COMMENT

Comments are closed.