Home Headline BI : Uang Palsu Meningkat 6389 Lembar

BI : Uang Palsu Meningkat 6389 Lembar

Semarang, 18/11 (BeritaJateng.net) – Peredaran uang palsu di Jawa Tengah meningkat pada triwulan tiga di Bank Indonesia Jateng-DIY.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala Bank Indonesia Jateng- DIY Iskandar Simorangkir, Rabu (18/11). Menurutnya, pihaknya telah menemukan uang palsu 6389 lembar dengan pecahan 50ribuan dan 100ribuan dari triwulan pertama hingga triwulan ketiga 2015 ini.

Menurutnya penemuan uang palsu tersebut, tercatat dari uang yang secara langsung masuk di loket penukaran Bank Indonesia dan beberapa setoran perbankan.

“Kita menemukan sebanyak 6389 lembar dengan pecahan 50ribuan dan 100 ribuan, yang masuk langsung melalui loket penukaran uang di Bang Indonesia Jateng-DIY,” tuturnya.

Untuk mengatisipasi peningkatan peredaran uang palsu, pihaknya telah bekerjasama dengan POLRI dan POLDA Jateng untuk penindakan terkait dengan penindakan kejahatan pemalsuan uang. Dan Kepala Bank Indonesia Jateng-DIY juga menandatangani kesekapatan untuk penindakan pemalsuan tersebut sejak bulan Agustus 2015.

“Dalam mengantisipasi dan menurunkan pemalsuan uang di Jawa Tengah, Kita telah meningkatkan kerjasama bersama POLDA Jateng yang telah kita sepakati penandatanganan bersama pada bulan Agustus kemarin dengan Kapolda Jateng,” jelas Iskandar Simorangkir Kepala Bank Indonesia Jateng-DIY.(BJ06)