Home Ekbis BI Jateng : Waspada Maraknya Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

BI Jateng : Waspada Maraknya Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

IMG-20150629-WA0010

Semarang, 30/6 (BeritaJateng.net) – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah meminta masyarakat setempat untuk mewaspadai peredaran uang palsu memasuki pertengahan Ramadan hingga menjelang Lebaran.

Kepala Bank Indonesia Kanwil Jateng Iskandar Simorangkir mengatakan meski saat ini jumlah peredaran uang palsu di wilayah Jawa Tengah sejak awal 2015 cenderung menurun tetapi masyarakat tetap harus menjaga kewaspadaan.

Menurut Iskandar, sejak Januari hingga bulan Mei kemarin pihaknya menemukan sekitar 4.141 lembar uang palsu berbagai pecahan. “Oleh karena itu, masyarakat tetap harus berhati-hati saat bertransaksi karena tidak menutup kemungkinan ada uang yang palsu,” katanya.

Biasanya, jelas Iskandar, pemalsuan rerata dilakukan pada uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu.

Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, peredaran uang palsu paling dominan ada di daerah-daerah perbatasan Jawa Tengah dengan provinsi lainnya. Serta di daerah Jawa Tengah bagian Selatan.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan dengan mempraktikkan prinsip 3D. Yakni diraba, dilihat dan diterawang pada setiap pecahan uang yang diterima,” ungkap Iskandar. (Bj23)