Home Lintas Jateng Bhakti Sosial Donor Darah, Wartawan Kumpulkan 75 Kantong Darah

Bhakti Sosial Donor Darah, Wartawan Kumpulkan 75 Kantong Darah

Donor darah

Kendal, 11/2 (BeritaJateng.net) – Masih serangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015. Sebelumnya sejumlah wartawan yang bertugas di Kendal melakukan aksi teaterikal menolak kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Kini sejumlah wartawan Kendal menggelar acara bakti sosial yakni donor darah dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal yang dilakukan di lobby depan Kantor Satpol PP Komplek Kantor Bupati Kendal, Rabu (11/2).

Dari kegiatan tersebut, sedikitnya terkumpul 75 kantong darah. Jumlah tersebut diluar perkiraan, karena sedianya kegiatan donor darah tersebut diperuntukkan bagi awak media yang bertugas di Kendal saja. Tapi sejumlah PNS di Kendal maupun masyarakat umum termyata juga ikut mendonorkan darahnya.

Heni salah seorang PNS yang bekerja di lingkungan pemerintah Kabupaten Kendal mengaku baru kali pertama mengikuti kegiatan donor darah tersebut. Menurutnya, kegiatan itu sangat baik karena sifatnya sosial.  

“Awal kalinya, merasa deg-degan. Namun usai diambil darahnya, perasaaan jadi biasa. Semoga apa yang saya donorkan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Salah seorang wartawan media cetak Ys Adi Nugroho juga mengaku rutin mendonorkan darahnya di PMI setiap tiga bulan sekali. Sebab menurutnya, mendonorkan darah adalah pahala besar sekaligus membuat tubuh sehat.  

“Karena saat tubuh mengeluarkan darah praktis akan memproduksi darah baru yang segar dan itu membuat metabolisme tubuh fit. Justru kalau sudah rutin mendonorkan darah, tapi berhenti tubuh rasanya lesu dan gamang capek,” katanya.

Antusiasme masyarakat setempat dan para PNS yang ingin berpartisipasi mendonorkan darahnya terpaksa harus mengantri, sebab adanya keterbatasan tenaga dari PMI.

“Walaupun kegiatan ini dilakukan dilakukan pada jam kerja, tapi banyak PNS yang ikut menyumbangkan darahnya,” ujar Ketua Panitia HPN Kendal, Rosyid Ridho.

Menurut Rosyid, aksi donor darah yang dilakukan awak media Komunitas Wartawan Kendal itu, memang rutin digelar setiap HPN.

“Sebenarnya sasaran utamanya adalah para wartawan sendiri yang bertugas di Kendal agar mau mendonorkan darahnya. Tapi justru para PNS, Polisi dan TNI maupun masyarakat umum yang mendengar kabar ikut-ikutan mendonorkan darahnya,” akunya.  

Ia berharap, kerja sama yang baik dengan PMI ini agar bisa terus terjalin. Sehingga aksi kemanusiaan donor darah dapat kembali diadakan kembali guna menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan darah.

Dalam waktu dekat, komunitas wartawan Kendal juga berencana akan memberikan santunan kepada anak yatim piatu yang ada dipanti asuhan. Adapun dana anggarannya murni didapat dari iuran masing-masing wartawan itu sendiri. 

“Sudah menjadi tugas wartawan mencari berita. Tapi disela kesibukan mencari berita, mampu menggelar aksi kemanusiaan ini bagi saya adalah suatu kebanggaan,” imbuh Rosyid yang juga selaku wartawan media cetak ini. (BJ19)