Home Lintas Jateng Betonisasi Jalan di Blora Mulai Dikerjakan

Betonisasi Jalan di Blora Mulai Dikerjakan

image

Blora, 8/4 (Beritajateng.net)- Jalan Blora-Ngawen-Kunduran, Jl.Blora-Cepu dan Jl.Cepu-Randublatung-Doplang sudah mulai dikerjakan dengan sistem betonisasi (pembetonan) dengan dana total Rp 52,7 miliar. Perbaikan ruas jalan provinsi di Kabupaten Blora yang dilakukan oleh Bina Marga Jawa Tengah. 

Para pekerja mulai melakukan pembetonan pada badan jalan bagian selatan. Sejumlah alat berat dan rangka besi juga telah terpasang, siap untuk dibeton. Seperti yang ada di ruas Jl.Blora-Kunduran km 9 tepat di wilayah Pos Ngancar Desa Tawangrejo Kecamatan Tunjungan Blora. Hal yang sama juga dilakukan di ruas Jl.Blora-Ngawen-Kunduran km 17 mulai barat SMAN 1 Ngawen hingga masuk wilayah Desa Klokah Kecamatan Kunduran, dan Jl.Blora-Kunduran km 20 telat wilayah Desa Jagong Kecamatan Kunduran.

Untuk proyek pembetonan ruas Jl.Blora-Kunduran yang dilakukan di 3 titik lokasi menelan biaya Rp 19,56 miliar. “Dropping material dan peralatan sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu. Minggu ini sudah mulai pekerjaan untuk pembetonan,” kata pengawas dari Dinas Bina Marga Jateng Wilayah Blora, Supaat.

Dia menjelaskan, selain ruas Jl.Blora-Ngawen-Kunduran, tahun ini betonisasi lanjutan juga dilakukan di sejumlah ruas lainnya. Antara lain ruas Jl.Blora-Cepu senilai Rp 12,6 miliar dan ruas Jl.Cepu-Randublatung-Doplang dengan biaya Rp 20,63 miliar. “Selain pengecoran (rigit beton), juga ada pengaspalan hotmix overlay di sejumlah titik. Diantaranya Jl.Blora-Rembang,” ujar Supaat.

Ruas jalan provinsi di Kabupaten Blora memang tersebar di sejumlah wilayah. Mulai dari selatan, tengah hingga utara. Proyek pembangunan dengan sistem betonisasi ruas-ruas jalan tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja, karena keterbatasan anggaran, betonisasi dilakukan bertahap di sejumlah lokasi.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Blora, Bondan Sukarno mengungkapkan, alokasi anggaran dari Pemprov Jateng di bidang kebinamargaan untuk Kabupaten Blora tahun ini mencapai Rp 67,03 miliar dengan rincian untuk pembetonan, pengaspalan hotmix overlay, pemeliharaan rutin, rehab jembatan serta gorong-gorong. 

“Selain untuk lanjutan proyek betonisasi jalan, dana yang telah dianggarkan dalam APBD Provinsi tersebut antara lain akan dipakai pula untuk pelaksanaan pemeliharaan rutin, rehabilitasi jalan, jembatan dan gorong-gorong,” ungkap Bondan. (BJ31)

Advertisements