Home Nasional Besok, Bawaslukab Blora Gelar Sengketa Pemilu

Besok, Bawaslukab Blora Gelar Sengketa Pemilu

1533
0
Besok, Bawaslukab Blora Gelar Sengketa Pemilu
        BLORA, 22/8 (BeritaJateng.net) – Badan pengawas pemilu kabupaten (bawaslukab) Blora akan mulai menggelar sengketa pemilu yang diajukan partai Hanura esok hari, Selasa (23/8/2018). Dalam mediasi tersebut, bawaslukab akan mempertemukan partai Hanura dan komisi pemilihan umum (KPU) Blora.
        Anggota Bawaslu Blora Sugie Rusyono mengatakan, dalam mediasi tersebut akan membahas sesuai yang Partai Hanur ajukan, yakni ketidakpuasan atas Keputusan KPU yang tidak meloloskan salah satu Bacalegnya dalam pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS).
        Mekanisme pertama yang akan dilakukan yaitu menggelar proses mediasi terlebih dahulu. ”Mediasi dijadwalkan pada Kamis, 23 Agustus dengan menghadirkan KPU sebagai pihak termohon dan Partai Hanura sebagai pihak pemohon,” terang Sugie, Rabu (22/8/2018).
        Menurutnya,  mediasi memang harus dilakukan dan harapannya agar kedua pihak bisa ada kesepakatan, agar tidak dilanjutkan pada proses adjudikasi. Dalam hal ini, pihaknya juga berkomitmen akan tetap netral.
       “Memang setiap peserta pemilu yang tidak puas akan hasil keputusan KPU bisa mengajukan sengketa proses kepada Bawaslukab,” ucapnya.
        Sementara itu Ketua KPUK Blora Arifin mengatakan, dengan ada pengajuan sengketa dari Hanura, KPU sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Karena pihaknya tetap berpedoman jika napi mantan korupsi tidak diperbolehkan untuk nyaleg. ”Titik, bacaleg tidak boleh mantan napi korupsi,” ujarnya.
          Sebagaimana diketahui sebelumnya, Ketua DPC Hanura Blora Edi Harsono  sudah mengajukan surat sengketa sejak Selasa lalu. Dalam surat sengketa tersebut, partai Hanura merasa keberatan salah satu bacaleg dari partainya, yakni Warsit tidak diloloskan oleh KPU Blora.
(MN/El)