Home Headline Berkolaborasi Dengan Bidan Desa Mahasiswa Ini Buat Kelas Ibu Hamil

Berkolaborasi Dengan Bidan Desa Mahasiswa Ini Buat Kelas Ibu Hamil

490

SEMARANG, 26/01 (Beritajateng.net) – Kesehatan buah hati, baik itu yang masih dalam kandungan dan ketika sudah lahir nanti adalah hal yang sangat dinanti – nantikan oleh semua Ibu. Segala usaha pasti dilakukan oleh pasangan suami istri untuk selalu menjamin kesehatan sang buah hati. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sang buah hati ketika masih dalam kandungan adalah dengan selalu memantau perkembangan sang buah hati dan senantiasa menjaga kesehatannya.

Annisa, salah seorang mahasiswa KKN Undip tim I tahun 2020 yang bertugas di Desa Gogodalem Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang membuat program keilmuan yaitu Kelas Ibu Hamil. Program ini merupakan salah satu cara untuk memantau, menjaga, bahkan lebih meningkatkan kesehatan dan perkembangan dari sang buah hati sejak dini.

Annisa berkolaborasi dengan Bidan Desa dan 5 orang mahasiswa KKN lainnya melaksanakan program ini. Dengan komunikasi dan kerja sama yang baik, program ini dapat menarik minat dan mendatangkan ibu – ibu hamil yang bertempat tinggal di Desa Gogodalem. Program ini diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias.

“Kelas ini diikuti oleh istri yang sedang hamil berapapun usia kandungannya. Mereka semua didampingi oleh suaminya masing masing,” ungkap Annisa, Senin (10/2).

Program ini dilaksanakan pada hari Minggu (26/1). Dimulai dengan pemeriksaan kondisi kesehatan sang ibu dan sang buah hati lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Pentingnya Hubungan Sosial Pada Masa Kehamilan” yang menyampaikan pentingnya peran suami, lingkungan dan hubungan sosial terhadap kesehatan serta perkembangan sang buah hati dalam kandungan.

“Setelah itu dilanjutkan dengan senam ibu hamil. Mereka senang menjalankan senam seperti ini,” beber Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat ini.

Di akhir acara ditutup dengan sesi pemberian susu ibu hamil, makanan tambahan ibu hamil, beserta suplemen tambahan untuk para ibu hamil.
“Rencananya program Kelas Ibu Hamil ini akan terus keberlanjutan sekaligus untuk memantau kesehatan dari ibu hamil,” pungkasnya.

Mahasiswa KKN yang bertugas di Desa Gogodalem adalah Willi Yossi Pratama (Fakultas Teknik/Teknik Elektro), Novan Luthfan Hasfian (Fakultas Peternakan dan Pertanian/Peternakan), Sentanu Aji (Fakultas Teknik/Teknik Geodesi), Annisa’ Arifatul Hikmah (Fakultas Kesehatan Masyarakat/Kesehatan Masyarakat), Hamidatun Nafisah (Fakultas Ilmu Budaya/Antropologi Sosial) dan Ayu Putri Pranindita (Fakultas Ilmu Budaya/ Ilmu Perpustakaan).

(NK)