Home Headline Berkat Penerapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat, Wilayah Kec Bergas Nol Covid-19

Berkat Penerapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat, Wilayah Kec Bergas Nol Covid-19

363

UNGARAN, 4/6 (Beritajateng.net) – Jajaran Pemerintah Desa se Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang berhasil menghambat penyebaran Covid-19. Diketahui sampai berita ini dibuat di wilayah itu tidak ditemukan satupun warga yang positif terpapar virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan China tersebut.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Hamong Pradja Kecamatan Bergas Sugiharto mengungkapkan, para kepala desa telah sepakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti penggunaan masker bagi masyarakat, penyediaan tempat cuci tangan di masing masing rumah penduduk dan fasilitas umum, penyemprotan Disinfektan, penerapan Social dan Physical Distancing serta pembatasan silaturahmi selama Idul Fitri.

“Protokol kesehatan kami laksanakan secara ketat di seluruh desa di Kecamatan Bergas. Selama lebaran kemarin kami batasi silaturahmi hanya bagi sesama warga desa. Tidak ada warga yang keluar dan tidak ada yang masuk. Bahkan ada beberapa desa yang menyatakan tidak menerima tamu sama sekali termasuk kadesnya,” ungkapnya disela sela silaturahmi Kades se Kecamatan Bergas dengan Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang kusriyanto di RM Godong Salam Ungaran, Kamis (4/6).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Jatijajar Kec Bergas ini menjelaskan, jajaran Pemerintah Desa se Kec Bergas juga sudah menyediakan tempat isolasi bagi pemudik yang selama ini bekerja di kota lain.

“Intinya kami sangat siap dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bergas,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Para Kepala Desa menerima bantuan Masker Kain sebanyak 1.000 buah dari Pemprov Jateng yang disampaikan oleh Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto. Mereka mengaku sangat bersyukur karena masker masker tersebut sangat membantu masyarakat dalam mengantisipasi sebaran virus yang diketahui sangat cepat penularannya tersebut.

“Kami memang sudah menganggarkan pengadaan alat pelindung diri (Masker) bagi masyarakat yang berasal dari Dana Desa, tapi tentu sangat kurang. Bantuan dari Pak Bambang ini sangat berarti bagi masyarakat,” jelasnya.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan, penggunaan Masker saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Seluruh masyarakat diwajibkan untuk mengenakan masker bila beraktifitas di luar rumah.

“Masker masker ini tolong dibagikan kepada masyarakat, walaupun jumlahnya tidak banyak tapi saya harapkan bisa membantu dalam pencegahan Covid-19,” bebernya.

Krebo, sapaan akrab Bambang Kusriyanto, mengharapkan agar masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan walaupun di beberapa daerah sudah mulai menurun angka penyebaran Covid-19.

“Saya harapkan masyarakat tetap mengenakan masker, melakukan Social Distancing, hindari kerumunan dan membudayakan hidup bersih dengan mencuci tangan. Jangan terlena karena kita tidak tahu persis siapa yang terpapar virus ini,” harapnya.

Silaturahmi Anggota Hamong Pradja Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang dengan Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah dihadiri oleh sembilan kepala desa masing masing dari Desa Munding, Pagersari, Bergas Kidul, Gebugan, Randugunting, Wringin Putih, Diwak, Jatijajar dan Gondoriyo.

(NK)