Home Ekbis Berkah Penjual Alat Pengolah Daging Kurban   

Berkah Penjual Alat Pengolah Daging Kurban   

2515
Berkah Penjual Alat Pengolah Daging Kurban   
       Semarang, 22/8 (BeritaJateng.net) – Hari Raya Idul Adha identik dengan berbagai makanan olahan daging sapi, kambing maupun domba, seperti gulai, tongseng, hingga sate akan menjadi makanan khas selama Idul Adha.
         Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pedagang bumbu dapur dan alat mengolah daging  dadakan di Komplek Pasar Peterongan Semarang, ditangkap sebagai peluang untuk mengais rejeki.
         Seperti halnya Ilham Pipit (34) warga Peterongan, Kota Semarang yang setiap harinya bekerja serabutan. Bagaimana tidak selain mendapatkan diging kurban, pada saat moment Idul Adha dirinya mendapatkan rejeki nomplok dari berjualan bumbu dan alat pengolahan daging kurban.
        “Setiap tahun selalu berjualan tusuk sate dan perlengkapannya. Lumayan bisa untuk tambah-tambah penghasilan,” ungkapnya, Rabu (22/8).
       Selain tusuk sate, Ilham juga menjual arang, tempat pembakaran sate, kipas sate, panggangan sate hingga bumbu sate. Untuk harganya bervariasi, mulai Rp5000 hingga Rp25.000 rupiah saja. Harga termahal adalah harga panggangan sate.
        “Tusuk sate itu harganya mulai Rp3000 sampai Rp8000, arang Rp5000, bumbu sate Rp3000 dan tempat pembakaran sate Rp25.000,” ucapnya.
       Tidak hanya Ilham, pada moment idul adha juga dimanfaatkan pedagang lain,   untuk berjualan bumbu dan alat pengolahan sate. Seperti halnya Partini yang setiap harinya berjualan bunga dan perlengkapan alat kematian.  Untuk bumbu dan perlengkapan sate dijual bervariasi mulai dari 5 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah.
       “Lumayan penghasilannya bisa sampai 3 kali lipat dari hari biasanya saya berjualan gerabah dan bunga,” tuturnya.
        Selain memberikan berkah kepada para pedagang, adanya penjual perlengkapan sate ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka yang ingin menikmati daging kurban, tidak perlu repot membuat peralatan untuk menyate.
        “Tinggal datang ke pasar ini, semua sudah tersedia, mulai tusuk sate, pemanggang, sampai bumbunya juga sudah ada. Jadi memang kami juga sangat terbantu,” kata Soleh (23) salah satu pembeli. (Nh/El)