Home Hukum dan Kriminal Beredar Rekaman Suara Bantahan Bahrun Naim Terlibat Bom Thamrin

Beredar Rekaman Suara Bantahan Bahrun Naim Terlibat Bom Thamrin

Jakarta, 18/1 (BeritaJateng.net) – Bahrun Naim yang disebut polisi sebagai dalang dan otak aksi teror di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, membantah ketelibatannya dalam aksi bom yang menggetarkan jakarta ini. Beredar suara bantahan yang mengatasnamakan Bahrun Naim di dunia maya.

Rekaman suara itu beredar di situs berbagi audio SoundCloud. rekaman suara itu diunggah oleh akun bernama Ghostop. Durasi rekaman itu hanya 6 detik. Judulnya “Bantahan Bahrun Naim”.

“Lha, wong saya itu jarang online, dikira komunikasi, komunikasi dari Hong Kong apa?,” demikian isi suara rekaman itu.

Pengamat terorisme dari Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya mengenali suara itu sebagai suara Bahrun Naim. Harits pernah mengadvokasi Bahrun dalam kasus kepemilikan amunisi pada tahun 2010.

“99 Persen Saya yakin itu suara Bahrun Naim ,” kata Harits di Jakarta Senin (18/1/2016).

Sementara Pengamat terorisme Muhammad Jibriel Abdul Rahman menilai Muhammad Bahrun Naim bukan dalang teror di Jakarta. Ia justru menduga dalang dibalik teror tersebut adalah Santoso atau Aman Abdurrahman.

Selama ini penegak hukum menyebut ISIS ada di belakang teror di Jakarta pekan lalu. Jibriel mengatakan, Bahrun juga selama ini sudah tak memiliki hubungan dengan Aman Abdurahman, sosok yang kerap disebut sebagai amir ISIS Asia Tenggara.

“Bahrun Naim bukan dalang pelaku teror di Thamrin, bisa saja orang suruhan Santoso yang mengklaim sebagai amir Mujahidin Indonesia Timur otak intelektualnya. Bisa juga Aman Abdurahman. Intinya otak pelaku adalah orang yang senang dengan teori konspirasi,” kata Jibriel di Jakarta, Senin 18/1/16.

Santoso adalah pemimpin kelompok teroris di Poso yang selama ini menyebut dirinya amir Mujahidin Indonesia Timur. Sementara Aman adalah terpidana terorisme yang kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.(bj50)