Home News Update Beragam Lomba Meriahkan Peringatan Bulan Bahasa SMA N3 Semarang

Beragam Lomba Meriahkan Peringatan Bulan Bahasa SMA N3 Semarang

215
0
Beragam Lomba Meriahkan Peringatan Bulan Bahasa SMA N3 Semarang
            Semarang, 20/10 (BeritaJateng.net) – Ada yang menarik pada peringatan Bulan Bahasa SMA Negeri 3 Semarang, Kamis (19/10) pagi. Parade kostum berkonsep kebhinekaan dan berbagai lomba menarik digelar siswa-siswi.
           Tampak antusias siswa SMA N3 Semarang menyambut peringatan Bulan Bahasa. Mulai dari menghias majalah dinding (mading), membuat perpustakaan mini di pojok kelas hingga parade tiga budaya.
              “SMA N3 Semarang dalam bulan bahasa kali ini menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang juga berbarengan dengan sekolah kami ditunjuk sebagai salah satu sekolah rujukan di Indonesia. Rangkaian kegiatan mulai pagi sampai sore ini yakni kegiatan literasi keuangan yang berbarengan dengan kegiatan aksa mandiri, sore dilanjutkan dengan literasi keeirausahaan,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA N3 Semarang, Maskur.
              Tak hanya itu, para siswa juga mengadakan lomba disetiap kelasnya, mulai dari lomba mading, musikalisasi puisi dan lomba pojok buku yang dilakukan kelas X, XI dan XII.
              “Peringatan Bulan Bahasa memiliki makna yang luas. Bahasa itu sendiri kan kekayaan yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Sehingga kami ingin memanfaatkan bahasa dengan sebaik-baiknya, sebenar-benarnya. Manusia dikaruniai kemampuan bahasa ini supaya bisa memanfaatkan bahasa sebaik baiknya untuk komunikasi dan lain lain untuk hal yang positif. Bukan untuk kegiatan negatif seperti untuk menghujat, mengolok olok dan kegiatan negatif lain.  Tetapi lebih pada kegiatan positif memartabatkan manusia dengan sebenar-benarnya,” imbuh Maskur.
          Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Acara Bulan Bahasa, Safira Rindiarti. Ia mengatakan, kegiatan peringatan Bulan Bahasa bertema ‘Anakronika’ yang artinya perbedaan dari zaman. “Kita usung konsep Kebhinekaan untuk paradenya. Menonjolkan budaya dan seni,” ujar Safira.
               Safira menjelaskan, beragam lomba seperti musikalisasi puisi, english tipografi, pojok baca kelas atau membuat perpustakaan mini di pojok kelas, lomba mading, lomba menulis cerpen dan geguritan di perpustakaan serta parade tiga bahasa dan tiga budaya. (Bj/El)